Breaking News:

Polisi Tembak Polisi

Kamaruddin Klaim Dibantu Agen Intelijen Selidiki Sambo dan PC, BIN Tegaskan Hanya Beri Info ke RI 1

Badan Intelijen Negara (BIN) akhirnya buka suara soal klaim Kamaruddin mendapat bocoran informasi dari anggota BIN hingga TNI soal kasus Sambo dan PC.

Kolase YouTube Kompastv dan KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Kuasa hukum Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak memberikan kesaksian tentang rintangan dalam mengurus kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Ferdy Sambo saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022). Foto kiri: Petugas medis di mobile lab milik Badan Intelijen Negara saat rapid test covid-19 di Pasar Bogor, Senin (11/5/2020). Sebanyak 500 orang warga mengikuti rapid test ini guna mencegah penyebaran virus corona. 

TRIBUNWOW.COM - Belum lama ini, Kamaruddin Simanjuntak selaku kuasa hukum dari Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J buka suara dari mana ia mendapatkan informasi intelijen seputar Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi alias PC.

Pada proses persidangan pada Selasa (1/11/2022) lalu, Kamaruddin menjelaskan satu dari beberapa sumber intelijennya datang dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Dikutip TribunWow dari Tribunnews, pernyataan Kamaruddin ini kini telah dibantah oleh BIN melalui juru bicaranya yakni Wawan Purwanto.

Baca juga: Susi Bohong saat Sidang, Kamaruddin Salahkan Negara: Sama Saja Kita Menyuruh Susi Bunuh Diri

"Info intelijen BIN hanya ditujukan kepada single client yakni Presiden," ujar Wawan dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Sabtu (5/11/2022).

"Sehingga tidak benar adanya berita yang menyatakan bahwa BIN memberikan info kepada Kamaruddin sebagaimana dilansir di persidangan oleh pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak," terangnya.

Wawan menegaskan BIN bertugas untuk kepentingan negara bukan kepentingan yang lain.

"Apa yang terjadi di persidangan adalah mutlak wilayah judikatif. Itu menjadi Kewenangan hakim untuk memutus, jaksa untuk menuntut dan pengacara untuk membela client-nya. BIN sama sekali tidak ikut campur," ujar Wawan.

Pada persidangan Selasa (1/11/2022), Kamaruddin di depan majelis hakim menyebut siapa saja intelijen yang ia maksud hingga caranya memeroleh informasi dari para intelijen itu.

Dikutip TribunWow dari Kompastv, awalnya Kamaruddin menceritakan momen dirinya menyerahkan bukti kepada pihak kepolisian.

Baca juga: Begini Kronologi PC Ikut Tembak Brigadir J Versi Kamaruddin Simanjuntak, Putri Disebut Gunakan Luger

Kamaruddin bercerita, mulanya ia membawa bukti-bukti hasil investigasi kasus Sambo menggunakan ponselnya.

"Hasil investigasi saya kepada para intelijen baik dari BIN, dari kepolisian maupun dari tentara-tentara yang mitra-mitra saya," ungkap Kamaruddin.

Kamaruddin lalu mengungkit masa lalunya sejenak yang sudah dekat dan bergaul dengan intelijen sejak masih mahasiswa.

Kamaruddin bahkan mengaku sempat membela 10 orang intelijen yang desersi dan PHK sehingga bisa aktif kembali menjadi intelijen.

Kemudian Kamaruddin kembali menceritakan saat ia menyerahkan bukti kepada pihak kepolisian, tidak ada penyidik yang berani menerima bukti dari ponsel Kamaruddin.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved