Breaking News:

Virus Corona

Mulai Bulan Depan, Anak Usia 5-11 Tahun di AS Bisa Mendapat Suntikan Vaksin Covid-19

Hal itu dilakukan di tengah proses pengajuan izin darurat vaksin Pfizer untuk digunakan kepada anak berusisa lima tahun. 

YouTube/Al Jazeera English
Ilustrasi vaksinasi, Vaksin Covid-19 untuk anak usia 5 sampai 11 tahun akan diberikan di Amerika Serikat mulai bulan depan. 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah Amerika Serikat (AS) tengah membuat persiapan untuk skema pemberian vaksin Covid-19 pada anak usi 5 sampai 10 tahun. 

Hal itu dilakukan di tengah proses pengajuan izin darurat vaksin Pfizer untuk digunakan kepada anak berusisa lima tahun. 

Dilansir dari CNN, Gedung Putih dikatakan telah mengamankan pasokan vaksin yang cukup untuk memvaksinasi 28 juta anak usia 5 hingga 11 tahun yang akan memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Baca juga: Hindari Kenaikan Kasus Covid-19 pada Anak, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mulai Sekarang

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Vaksin Covid-19 dan Persiapan yang Perlu Dilakukan agar Kekebalan Maksimal

Rencananya vaksin untuk anak-anak juga akan dilakukan di lebih dari 25 ribu kantor perawatan anak dan primer, ratusan layanan kesehatan masyarakat, pusat dan klinik kesehatan pedesaan serta puluhan ribu apotek untuk memberikan suntikan, menurut Gedung Putih.

"Kami tahu jutaan orang tua telah menunggu vaksin Covid-19 untuk anak-anak dalam kelompok usia ini. Dan jika FDA dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengesahkan vaksin, kami akan siap untuk disuntik," Direktur Tanggap Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients, Rabu (20/10/2021).

"Anak-anak memiliki kebutuhan yang berbeda dari orang dewasa dan perencanaan operasional kami diarahkan untuk memenuhi kebutuhan khusus tersebut, termasuk dengan menawarkan vaksinasi di tempat yang sudah dikenal dan dipercaya oleh orang tua dan anak-anak."

"Pemerintah juga meluncurkan kemitraan dengan Asosiasi Rumah Sakit Anak untuk bekerja sama dengan lebih dari 100 sistem rumah sakit anak-anak di seluruh negeri untuk mendirikan tempat vaksinasi pada November dan hingga akhir tahun 2021."

Gedung Putih mengumumkan, pemerintah juga berencana untuk membantu membuat vaksinasi tersedia di sekolah dan spot lain berbasis komunitas lainnya dengan bantuan dana Badan Manajemen Darurat Federal.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan juga akan melakukan kampanye pendidikan publik nasional untuk menjangkau orang tua dan wali dengan informasi yang akurat dan responsif secara budaya tentang vaksin dan risiko yang ditimbulkan Covid-19 kepada anak-anak.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Sejumlah Negara dengan Tingkat Vaksinasi Tinggi, Pakar Beri Penjelasan

Diketahui, Penasihat Vaksin FDA dijadwalkan bertemu minggu depan untuk mempertimbangkan permintaan Pfizer untuk mengesahkan vaksinnya kepada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Ada kemungkinan di sana izin akan diberikan oleh FDA.

Jika diizinkan, ini akan menjadi vaksin Covid-19 pertama untuk anak-anak.

Dinyatakan Efektif

Vaksin Pfizer/BioNTech saat ini disetujui untuk orang berusia 16 tahun ke atas dan memiliki izin darurat untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Pfizer mengatakan bulan lalu bahwa uji coba menunjukkan vaksin Covid-19-nya aman dan menghasilkan respons antibodi kuat pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Uji coba ini melibatkan 2.268 peserta berusia 5 hingga 11 tahun dan dua dosis vaksin yang diberikan.

Percobaan ini menggunakan dosis 10 mikrogram atau lebih kecil dari dosis 30 mikrogram yang telah digunakan untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Respon imun diukur dengan melihat tingkat antibodi penetralisir dalam darah mereka dan membandingkan tingkat tersebut dengan kelompok kontrol berusia 16 hingga 25 tahun yang diberi rejimen dua dosis dengan dosis 30 mikrogram yang lebih besar.

Pfizer mengatakan bahwa tingkat tersebut sebanding dengan orang tua yang menerima dosis yang lebih besar, menunjukkan respon imun yang kuat dalam kelompok anak-anak ini satu bulan setelah dosis kedua.

Ahli Bedah AS Dr. Vivek Murthy mengatakan bahwa pejabat kesehatan AS ingin mempersiapkan anak-anak agar bisa mendapatkan vaksin sesegera mungkin.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved