Breaking News:

Isu Kudeta Partai Demokrat

Andi Ungkap Skenario Buruk jika Hasil KLB Demokrat Disahkan, Refly Harun: Itu yang Diharapkan Jokowi

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengungkapkan sebuah skenario buruk andai misalnya yang disahkan adalah hasil KLB.

Youtube/Refly Harun
Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng bersama Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. Dalam kesempatan itu Andi mengungkapkan sebuah skenario buruk andai misalnya yang disahkan adalah hasil KLB. 

TRIBUNWOW.COM - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengungkapkan sebuah skenario buruk andai misalnya yang disahkan adalah hasil Kongres Luar Biasa (KLB).

Diketahui, saat ini di Partai Demokrat, ada kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan hasil kongres ke-V pada 2020 lalu, dan kepemimpinan Moeldoko berdasarkan hasil KLB di Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Kedua belah pihak saat ini tengah berjuang untuk mendapatkan legalitas atau pengesahan dari pemerintah, melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Jenderal Purn Moeldoko tiba di arena Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versis KLB Sumut.
Jenderal Purn Moeldoko tiba di arena Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versis KLB Sumut. (Tribun-Medan.com)

Baca juga: Andi Mallarangeng Terima Kasih ke Gatot yang Tolak Kudeta Demokrat: Beda dengan Jenderal Satu Itu

Baca juga: Siap Maafkan Moeldoko soal KLB Demokrat, Andi Mallarangeng: Ajak Kawan-kawan Buat Partai Baru

Andi Mallarangeng mengatakan bahwa Partai Demokrat di bawah kendali Moeldoko tentunya memiliki pandangan berbeda dengan Partai Demokratnya AHY.

Maka dari itu, dengan posisi Moeldoko yang diketahui merupakan seorang Kepala Staf Presiden maka kemungkinan besar akan membawa Partai Demokrat masuk ke gerbong pemerintahan. 

"Jika Moeldoko yang menang, apa yang terjadi? Maka arah politik Partai Demokrat pasti berubah," ujar Andi.

"Tidak lagi berseberangan dengan pemerintah. Dia akan pro dengan pemerintah," jelasnya.

Menurutnya, hal itu semakin memperburuk kondisi demokrasi di Tanah Air karena hanya akan ada kelompok kecil sebagai oposisi, sehingga posisinya begitu lemah.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menyebut bahwa skenario itu adalah yang diinginkan oleh pemerintah.

"Ya itu yang diharapkan Presiden Jokowi. Jangan-jangan begitu," kata Refly Harun.

Halaman
123
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved