Breaking News:

Pilpres 2024

Berita Prabowo Subianto: Ujungnya Hanya Jadi Pembantu, PDIP Sindir Wacana Duet Prabowo-Jokowi 2024

Politisi PDIP mempertanyakan apa yang akan diraih oleh Jokowi dengan menjadi wakil Prabowo, karena sebagai wapres tidak punya wewenang apapun.

Instagram @prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Terbaru, Politisi PDIP menyindir isu wacana duet Prabowo-Jokowi di 2024. 

TRIBUNWOW.COM - Sindiran disampaikan oleh Politisi PDIP Masinton Pasaribu terhadap wacana duet Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di 2024.

Masinton mempertanyakan akan percuma Jokowi menjadi wakil presiden karena tidak memiliki wewenang apapun selain membantu sang RI 1.

Dikutip TribunWow dari Tribunnews, wacana duet Prabowo-Jokowi ini digaungkan oleh beberapa pihak, satu di antaranya adalah kelompok relawan yang bernama Sekretariat Bersama (Sekber) Prabowo-Jokowi.

Baca juga: Tertawa Lepas, Ini Jawaban Prabowo saat Ditanya Awak Media Isu Duet Bareng Jokowi di Pilpres 2024

Masinton menjelaskan, akan berbeda hal jika Indonesia menganut sistem parlementer di mana ada posisi perdana menteri dan presiden.

Namun di Indonesia yang menganut sistem presidensil, tidak ada benefit yang akan didapat dengan Jokowi menjabat sebagai wapres yang tugasnya hanya membantu presiden.

"Nah wakil presiden yaitu dia tidak berbagi kekuasaan antara Presiden dan Wakil Presiden. Dia berada dalam satu yang namanya lembaga kepresidenan," kata Masinton saat wawancara khusus bertajuk 'Mungkinkah Jokowi Maju Cawapres 2024' dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra di Kantor Tribun, Jakarta, Senin (26/9/2022).

"Jadi kalau Pak Jokowi ingin jadi wakil presiden mau ngapain, kewenangan apa yang bisa dimiliki oleh beliau selalu membantu Presiden."

"Ada kekuasaan yang dibagi disitu. Nah kalau ini kan nggak, wakil presiden dan pembantu presiden. Nah kalau Bapak Jokowi dari presiden ke wakil presiden kita pertanyakan tuh ya mau ngapain?" ucapnya.

Menurut Masinton, Jokowi sendiri tidak berminat menjadi pendamping Prabowo di 2024 nanti.

"Maka kalah saya melihat dan pak Jokowi Kemarin sudah menyatakan, baiknya memang ya janganlah. Percuma juga jadi lucu-lucuan aja nanti," ujar Masinton.

"Karena apa kita kan konstitusi kita tidak memberi kewenangan yang lebih kepada wakil presiden," sambungnya.

Foto kiri: Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Provinsi Maluku, Rabu (14/9/2022). Foto kanan: Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama lawan politiknya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto, di Restoran Sate Senayan, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019).
Foto kiri: Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Provinsi Maluku, Rabu (14/9/2022). Foto kanan: Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama lawan politiknya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto, di Restoran Sate Senayan, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019). (Kolase Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden dan Instagram/@prabowo)

Baca juga: Berita Prabowo Subianto: Ngaku Kalah Hebat Dibanding Jokowi, Prabowo Ungkit Mitos soal Kota Solo

Jokowi Kian Condong Dukung Prabowo

Diketahui ada beberapa tokoh publik yang disebut-sebut mendapat endorse/promosi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Namun kini Jokowi disebut-sebut justru condong semakin mendukung sang Ketua Umum Partai Gerindra yakni Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved