Breaking News:

Virus Corona

Batuk Terus Menerus karena Covid-19, Coba 6 Herbal Ini untuk Bantu Redakan saat Isolasi Mandiri

Bersama dengan demam, batuk menjadi gejala yang paling banyak dirasakan pasien Covid-19. 

Penulis: Afzal Nur Iman
Editor: Atri Wahyu Mukti
Mercy Health
Ilustrasi bubuk herbal. Sejumlah herbal diyakini bisa meredakan gejala batuk pada pasien Covid-19. 

TRIBUNWOW.COM - Dari sejumlah gejala Covid-19 yang dicatat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), batuk terus menerus mungkin menjadi gejala yang bisa menandakan Covid-19 di awal masa infeksi. 

Bersama dengan demam, batuk menjadi gejala yang paling banyak dirasakan pasien Covid-19

Dilansir dari situs ZOE Covid Study Symptom, diketahui bahwa batuk yang terjadi secara presisten menjadi gejala yang paling banyak dirasakan jutaan orang yang disurvei menggunakan aplikasi. 

Baca juga: Studi Ini Ungkap Alasan Mengapa Konsumsi Gula Berlebih saat Isolasi Mandiri Covid-19 Perlu Dihindari

Baca juga: Ingin Obat Covid-19 Molnupiravir Bisa Diproduksi di Indonesia, Luhut dan Menkes Agendakan ke AS

Dalam konteks ini, persisten berarti batuk berkali-kali sehari, selama setengah hari atau lebih.

Ini biasanya batuk kering (tidak produktif), kecuali pasien memiliki kondisi paru-paru yang mendasari yang biasanya membuat Anda batuk berdahak atau berlendir.

Namun, jika Anda memiliki Covid-19 dan mulai batuk berdahak kuning atau hijau ('gunk') maka ini mungkin merupakan tanda infeksi bakteri tambahan di paru-paru yang memerlukan perawatan.

Selain itu, batuk juga diketahui merupakan cara utama penyebaran Virus Corona.

Apakah Anda sakit atau tidak, selalu pastikan untuk menutupi batuk dan memakai penutup wajah atau masker untuk melindungi orang lain.

Dalam hasil studi ZOE dikatakan bahwa batuk bisa menjadi gejala awal Covid-19 dan terjadi selama empat sampai lima hari. 

Batuk biasanya terjadi bersamaan dengan gejala lain, seperti demam atau kehilangan indera penciuman dan hanya sekitar satu dari sepuluh orang dengan Covid-19 yang mengalami batuk terus-menerus sebagai satu-satunya gejala.

Baca juga: Diminati Banyak Negara, Kenali Obat Covid-19 Ronapreve yang Diklaim Cegah Kematian hingga 70 Persen

Dilansir dari Healthline, selain obat-obatan ringan, ada juga beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi batuk, yaitu:

1. Madu

Madu telah dikenal sebagai herbal yang digunakan untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. 

Menurut satu studi, madu dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan ringan yang mengandung dekstrometorfan (DM), penekan batuk.

Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampur hingga 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu memang menenangkan, sedangkan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa makan madu dengan sesendok atau mengoleskannya di atas roti untuk camilan.

2. Nanas

Nanas memang jarang diketahui dapat meredakan batuk, tetapi itu mungkin karena belum pernah mendengar tentang bromelain.

Bromelain merupakan  enzim yang hanya ditemukan di batang dan buah nanas.

Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved