Breaking News:

Vaksin Covid

Ini Alasan Mengapa Anak di Bawah Usia 12 Tahun Belum Bisa Mendapat Vaksin Covid-19

Sejumlah orangtua di Amerika Serikat menginginkan pihak otoritas di sana untuk menyetujui pemberian vaksin Covid-19 untuk anak-anak

Penulis: Afzal Nur Iman
Editor: Lailatun Niqmah
Dokumentasi Kemkes.go.id
Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19. FDA menyatakan akan melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 5 hingga 12 tahun segera setelah uji klinis selesai. 

TRIBUNWOW.COM - Sejumlah orang tua di Amerika Serikat menginginkan pihak otoritas di sana untuk menyetujui pemberian vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun. 

Tetapi, Food and Drugs Administration Amerika Serikat (FDA) meminta mereka menunggu lebih lama untuk mengetahui keamanan dan keefektifan vaksin Covid-19 secara menyeluruh. 

Lebih dari 100 anggota Kongres, yang dipimpin oleh Rep. Ro Khanna dan Katie Porter, menandatangani dan mengirim surat kepada FDA terkait hal tersebut. 

Baca juga: Waspada saat Isolasi Mandiri, Covid-19 Varian Delta Disebut Lebih Menular pada Anak

Baca juga: Pernah Mendominasi, Kenali Covid-19 Varian B.1.466.2 Asal Indonesia yang Masuk Daftar Pantau WHO

Mereka meminta kepastian terkait jadwal untuk studi keamanan dan kemanjuran vaksin yang sedang berlangsung, dan bagaimana permintaan untuk memperluas durasi dan ukuran sampel penelitian dapat mempengaruhi proses.

“Lonjakan ini dan munculnya varian baru yang lebih berbahaya akan datang tepat saat tahun ajaran dimulai, saat suhu turun, dan karena lebih banyak orang tua diminta untuk kembali bekerja secara langsung,” tertulis di surat itu, dikutip dari Deseret News.

“Mengingat tingkat infeksi dan rawat inap yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kita lihat pada anak-anak, kita perlu bergerak cepat untuk melindungi anak-anak Amerika dengan membuat vaksin tersedia secepat data. menjamin."

Sedangkan pihak FDA, melalui komisarisnya yaitu Janet Woodcock, MD, dan Peter Marks, MD, mengatakan mereka berharap vaksin untuk anak-anak kecil akan disahkan dalam beberapa bulan mendatang.

Tetapi mereka tidak mengatakan kapan pastinya itu akan terlaksana.

Dalam pernyataan tersebut dikatakan jika kelompok usia yang berbeda mungkin memerlukan dosis yang berbeda.

Vaksin untuk anak di bawah 12 tahun yang sedang dipelajari dalam uji klinis dan mungkin tidak sama dengan yang diizinkan untuk orang dewasa.

Baca juga: Tips Isolasi Mandiri: Termasuk Zinc, Kenali Berbagai Mineral dan Perannya untuk Pemulihan Covid-19

“Anak-anak bukanlah orang dewasa, dan masalah yang mungkin dibahas dalam uji coba vaksin pediatrik dapat mencakup apakah ada kebutuhan untuk dosis yang berbeda, atau formulasi kekuatan yang berbeda dari vaksin yang sudah digunakan untuk orang dewasa,” kata Woodcock dan Marks.

Anak-anak telah diketahui memiliki risiko rendah terhadap keparahan akibat Covid-19

Tetapi dengan adanya varian Delta dan peningkatan kasus Covid-19 membuat banyak anak-anak di AS masuk rumah sakit gara-gara Covid-19 dan itu membuat banyak orangtua khawatir. 

Terlebih untuk memasuki sekolah dengan pembelajaran tatap muka.

Pada bulan Mei, pemerintah AS mengizinkan vaksin Pfizer/BioNTech untuk anak-anak berusia 12-17 tahun yang sebelumnya juga tidak memenuhi syarat.

Vaksin Moderna dan Johnson & Johnson diizinkan untuk usia 18 tahun ke atas.

Uji klinis untuk kelompok usia yang lebih muda sekarang sedang berlangsung.

Woodcock dan Marks mengatakan pemerintah akan "mengikuti sains" dalam mengembangkan vaksin dan tidak akan mengambil jalan pintas dalam uji klinis.

“Sama seperti Anda, kami sangat ingin melihat anak dan cucu kami divaksinasi Covid-19 sesegera mungkin,” kata pernyataan itu.

“Kita harus membiarkan sains dan data membimbing kita. FDA bekerja sepanjang waktu untuk mendukung proses membuat vaksin Covid-19 tersedia untuk anak-anak.”

“Penting bagi masyarakat untuk menyadari bahwa, karena anak-anak masih tumbuh dan berkembang."

"Sangat penting bahwa uji klinis yang menyeluruh dan kuat dengan ukuran yang memadai diselesaikan untuk mengevaluasi keamanan dan respons imun terhadap vaksin Covid-19 pada populasi ini,” terangnya. (Tribunwow.com/Afzal Nur Iman)

Baca Artikel Terkait Covid-19 Lainnya

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved