Breaking News:

Tekini Daerah

Jadi Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Papua, Dokter Aaron Rumainum Suntik Sendiri ke Tubuh

dr Aaron Rumainum, petugas kesehatan Papua menyuntikkan vaksin ke tubuhnya sendiri secara sukarela. d

KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum temgah menguntikan vaksin covid-19 buatan Sinovac kepada dirinya sendiri, Jayapura, Papua, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Aaron Rumainum, menyuntikan sendiri vaksin Covid-19 Sinovac ke tubuhnya.

Diketahui, dr Aaron memang terdaftar sebagai satu dari 14 relawan yang mendapat vaksin perdana di Papua, pada Rabu (13/01/2021).

Sebanyak 14 relawan lainnya merupakan pejabat publik, di antaranya Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Kabag Ops Polda Papua, Kepala DPPAD Papua, dan Wakil Wali Kota Jayapura.

Sejauh ini, Papua telah mendapat 14.680 dosis vaksin Covid-19 Sinovac dan sebanyak 7.000 tenaga kesehatan di Jayapura akan menjadi penerima vaksin tahap pertama.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum temgah menguntikan vaksin covid-19 buatan Sinovac kepada dirinya sendiri, Jayapura, Papua, Rabu (13/1/2021).
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum temgah menguntikan vaksin covid-19 buatan Sinovac kepada dirinya sendiri, Jayapura, Papua, Rabu (13/1/2021). (KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)

Baca juga: DPR Protes Tak Diajak Vaksin di Istana, Sebut Kalah sama Artis dan Hanya Berfungsi Tanda Tangan

Baca juga: Vaksinasi Massal Dimulai Hari Ini, Simak 7 Vaksin Covid-19 yang akan Digunakan di Indonesia

Dr Aaron mengungkapkan aksinya menyuntikkan vaksin ke tubuhnya sendiri untuk membuktikan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac aman, sehingga warga Papua tidak perlu takut menerimanya.

"Itu yang bisa saya lakukan untuk tenaga kesehatan supaya mereka tidak takut," ujarnya, seperti dikutip TribunWow.com dari Kompas.com.

"Saya pikir lebih baik saya disuntik dulu biar kalau terjadi apa-apa, Pak Pangdam, wakil wali kota aman, semua aman," lanjut dr Aaron.

Meski begitu, dr Aaron mengaku dirinya belum tahu secara pasti efek samping apa yang terjadi pada tubuhnya setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Namun menurutnya, seorang tenaga kesehatan harus berani memberikan contoh pada masyarakat dan memang sudah menjadi tugasnya memastikan keamanan vaksin tersebut.

Baca juga: Gubernur Banten Wahidin Halim Tidak Disuntik Vaksin Sinovac tapi Pfizer, Ini Alasannya

"Saya bukan jagoan, saya masih berhubungan dan dekat dengan pasien Covid-19, saya tidak tahu Covid-19 ini kapan berakhir. Jadi mumpung ada vaksin gratis, ya sudah saya suntik diri sendiri," kata dr Aaron.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ulfa Larasati
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved