Virus Corona

Orang Sehat Kini Disarankan Memakai Masker untuk Cegah Corona, Gugus Tugas Covid-19: Pakai 2 Lapis

Tak hanya orang sakit, orang sehat kini juga disarankan memakai masker untuk mencegah penularan Virus Corona Covid-19.

ADEK BERRY/AFP
Masyarakat Indonesia yang dengan menggenakan masker wajah menyeberang jalan di Jakarta, Kamis (19/3/2020) 

TRIBUNWOW.COM - Tak hanya orang sakit, orang sehat kini juga disarankan memakai alat pelindung diri (APD) berupa masker.

Dikutip dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Sabtu (4/4/2020).

Untuk orang sehat, penggunaan masker disarankan dua lapis.

MUI Buat Fatwa Haram Mudik di Tengah Corona, Ridwan Kamil Beri Dukungan, Sebut Sudah Ada Kasus

"Pertama, untuk kegiatan sehari-hari masyarakat (yang sehat), misalnya untuk di tempat kerja, berbelanja atau mengendarai motor bisa menggunakan masker kain atau masker bedah sebanyak 2 ply (2 lembar)," kata Wiku dalam keterangan pers gugus tugas, Sabtu (4/4/2020).

Wiku juga menyampaikan rekomendasi penggunaan bagi masyarakat yang menunjukkan gejala demam yang disertai batuk, nyeri tenggorokan, hidung berair, bersin-bersin.

"Untuk mereka disarankan menggunakan masker sebanyak 3 ply (3 lembar)," kata Wiku.

Dia mengatakan, rekomendasi ini bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat serta sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan rekomendasi APD yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Tidak sembarang APD yang dibutuhkan tenaga medis maupun petugas lain yang terkait dengan penanganan Ccovid-19 di lapangan."

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan rekomendasi standar APD dengan tiga tingkatan perlindungan," ujar Agus dalam keterangan pers pada Jumat (3/4/2020).

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved