Ibu Kota Baru

Fadli Zon Sebut Jokowi Tak Diskusi ke DPR soal Ibu Kota Baru: Bisa Kayak Mobil Esemka, Omong Kosong

Fadli Zon sebut tak ada dokumen dan RAPBN yang bahas ibu kota baru, ia khawatir rencana ini bisa seperti Mobil Esemka yang hanya omong kosong.

Fadli Zon Sebut Jokowi Tak Diskusi ke DPR soal Ibu Kota Baru: Bisa Kayak Mobil Esemka, Omong Kosong
YouTube Indonesia Lawyers Club
Wakil Ketua DPR Fadli Zon memaparkan pendapatnya tentang rencana pemindahan ibu kota Indonesia di Indonesia Lawyers Club, Selasa (20/8/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selama ini menggembar-gemborkan ide pemindahan ibu kota malah belum pernah mengajak diskusi atau koordinasi DPR.

Fadli Zon juga menganggap rencana pemindahan ibu kota masih belum matang, sehingga dikhawatirkan berakhir seperti rencana produksi Mobil Esemka yang kini disebutnya menjadi sekadar omong kosong.

Hal tersebut disampaikan Fadli Zon dalam program unggahan kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, Selasa (20/8/2019).

Fadli Zon berpendapat belum ada penjelasan serta diskusi yang mendalam tentang pemindahan ibu kota yang harusnya juga melibatkan pihak-pihak terkait seperti masyarakat, ahli, hingga perwakilan lembaga tinggi negara.

"Karena belum ada yang namanya public hearing, belum ada diskusi-diskusi yang mendalam tentang hal ini," kata Fadli Zon.

Fadli Zon Sebut Ide Pemindahan Ibu Kota Masih Wacana Mentah: Jokowi Masih Miskin Narasi

Maka dari itu, Fadli Zon beranggapan semua yang disampaikan Jokowi terkait hal ini barulah wacana mentah dan belum pantas disebut sebagai rencana matang.

"Jadi saya melihat bahwa, sampai sejauh ini apa yang disampaikan oleh presiden itu baru wacana, bukan rencana," kata Fadli Zon.

"Dan saya kira wacananya masih mentah juga," imbuhnya.

Selain itu, Fadli Zon juga mempertanyakan mengapa pihak pemerintah tidak mengajukan dokumen atau mengadakan kajian bersama parlemen tentang gagasan besar tersebut.

"Tetapi tidak pernah ada satu dokumen pun, satu kajian pun yang disampaikan kepada pihak-pihak manapun, ya termasuk kepada parlemen untuk mendukung gagasan yang sebenarnya gagasan yang besar ini," ucap Fadli Zon.

Di ILC, Gubernur Kaltim Yakinkan Karni Ilyas Ibu Kota Pindah dan Sebut Berkah: Jangan Takut Miskin

 

Wakil Ketua DPR Fadli Zon memaparkan pendapatnya tentang rencana pemindahan ibu kota Indonesia di Indonesia Lawyers Club, Selasa (20/8/2019)
Wakil Ketua DPR Fadli Zon memaparkan pendapatnya tentang rencana pemindahan ibu kota Indonesia di Indonesia Lawyers Club, Selasa (20/8/2019) (YouTube Indonesia Lawyers Club)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Mohamad Yoenus
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved