Pemilu 2019

Maluku Utara dan Bangka Belitung Masih Kekurangan Surat Suara, Pihak KPUD Tak Tahu Penyebabnya

Maluku Utara dan Bangka Belitung hingga kini masih kekurangan surat suara. Pihak KPU tidak mengetahui pasti penyebab keterlambatan surat suara.

Maluku Utara dan Bangka Belitung Masih Kekurangan Surat Suara, Pihak KPUD Tak Tahu Penyebabnya
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Foto Desain Surat Suara Pilpres yang Diresmikan. 

TRIBUNWOW.COM - Mendekati hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 serentak beberapa wilayah masih belum mendapat surat suara dan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah tidak mengetahui presis penyebab keterlambatan surat suara.

Beberapa wilayah provinsi Maluku Utara dan Bangka Belitung hingga kini belum mendapatkan surat suara.

Muncul Dua Nama Moderator yang Diusulkan oleh TV Penyelenggara, KPU: Ini Belum Disepakati

Dikutip dari Kompas.com, pihak KPU Maluku Utara tidak mengetahui pasti keterlambatan ketas suara, Rabu (20/3/2019).

Ketua KPU Maluku Utara Syahrani Somaya mengatakan bahwa logistik berupa surat suara sudah diberangkatkan dari Kota Makasar menuju Ternate dengan Kapal Tanto pada Selasa (19/3/2019).

"Tadi malam sudah beragerak dari Makasar, kami perkirakan tanggal 23 Maret sampai di sini," ujar Syahrani, Rabu (20/3/2019).

Ketua KPU Maluku Utara mengaku sudah berkoordinasi dengan seluruh panitia KPU di berbagai wilayah, sehingga saat surat suara tiba bisa langsung didistribusikan.

Evaluasi Debat Pilpres 2019 Ketiga, KPU Berencana Pertahankan Komite Damai

“Saya sudah rapat dengan KPU kabupaten dan kota, dari sekarang sudah direncanakan, misalnya tempatnya terima surat suara, berapa personil yang sortir dan sebagainya sehingga begitu tiba langsung action, dan jika ada kerusakan kertas suara bisa cepat,” katanya.

Keterlambatan surat suara juga dialami Provinsi Bangka Belitung, yang hingga kini masih menunggu kedatangan 3 jenis surat suara yang dalam prose pengiriman.

Dikutip dari Bangkapos.com, tiga surat suara yang terlambat yaitu DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota, dan DPD, Rabu (20/3/2019).

Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Provinsi Bangka Belitung Edi Irawan mengaku khawatir terhadap 3 jenis surst suara yang belum tiba.

Bawaslu Kritik Proses Coklit yang Bermasalah, KPU Akui Adanya Kesulitan dalam Hal Teknis

"Belum, informasi yang kami dapatkan dari KPU, untuk surat suara ada tiga jenis yang dalam proses pengiriman." ujar Edi, Senin (18/03/2019) saat ditemui di ruang kerjanya

"Kekhawatiran itu wajar lah ya, karena logistik surat suara ini cukup banyak," tamahnya.

Tonton juga:

 (TribunWow.com/Ami)

Ikuti kami di
Penulis: AmirulNisa
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved