Pemilu 2019

Evaluasi Debat Pilpres 2019 Ketiga, KPU Berencana Pertahankan Komite Damai

KPU telah adakan evaluasi debat ketiga dan persiapan untuk debat selanjutnya. KPU berencana pertahankan komite damai pada debat keempat.

Evaluasi Debat Pilpres 2019 Ketiga, KPU Berencana Pertahankan Komite Damai
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin dan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyanyikan lagu indonesia raya dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. 

TRIBUNWOW.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengadakan evaluasi debat ketiga dan persipaan untuk debat keempat.

Pada debat keempat nanti, KPU berencana pertahankan Komite Damai yang dibentuk pada debat sebelumnya.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Komite Damai yang dibentuk pada debat ketiga dianggap efektif sehingga akan dipertahankan pada debat selanjutnya, Selasa (19/3/2019).

"Kita juga merasakan manfaat keberadaan Komite Damai untuk memastikan jalannya debat, baik dari persiapan, pelaksanaan, maupun pasca-debat, itu betul-betul bisa kondusif," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi seusai rapat persiapan debat keempat di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Bawaslu Kritik Proses Coklit yang Bermasalah, KPU Akui Adanya Kesulitan dalam Hal Teknis

Komite Damai beranggotakan enam orang yaitu 1 orang perwakilan KPU, 1 orang perwakilan Bawaslu, dan tim kampanye yang masing-masing dua orang.

Pada evaluasi debat ketiga tidak banyak yang dibahas karena hampir semua pihak menyatakan hal positif.

Dikutip dari laman resmi kpu.go.id, pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memberikan penilaian positif, Rabu (20/3/2019).

"Saya kira cukup baik, waktunya juga memberikan ruang bagi paslon (dalam) menyampaikan pertanyaan, merespon pertanyaan,” kata Direktur Perencanaan TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ario Bimo.

Setujui Usulan Komisi II DPR, KPU Perpanjang Waktu Perhitungan Surat Suara Jadi 17 Hari

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Ario, Direktur Relawan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Mursyidan Baldan mengtakan proses debat ketiga sudah berjalan dengan baik.

“Semakin baik dan kita anggap ini bisa menjadi role model. Satu komitmen dan mau sungguh-sungguh berkomunikasi dengan kami untuk membicarakan beberapa hal yang diperlukan,” ujar Ferry.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: AmirulNisa
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved