BPJS Kesehatan

Kemenkes Beri Pengecualian Tanggungan pada Aturan Baru BPJS Urun Biaya dan Selisih Biaya

Kemenkes berikan pengecualian tanggungan dalam penetapan aturan baru urun biaya dan selisih biaya. Hal tersebut termuat dalam peraturan pemerintah

Kemenkes Beri Pengecualian Tanggungan pada Aturan Baru BPJS Urun Biaya dan Selisih Biaya
(BPJS Kesehatan)
BPJS Kesehatan 

TRIBUNWOW.COM - Meskipun sampai saat ini belum ditetapkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah memastikan pengecualian tanggungan pada aturan baru layanan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Diketahui, dua aturan baru yang akan segera ditetapkan oleh Kemenkes bersama dengan BPJS yakni aturan urun biaya dan aturan selisih biaya.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menkes Nomor 51 Tahun 2018.

Dikutip dari Kompas.com, Deputi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Muhammad Arief menjelaskan bahwa masih terus mendalami rencana aturan baru tersebut.

Budi mengungkapkan bahwa memberi pengecualian tanggungan bagi pemilik Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Selain peserta PBI, penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah juga tidak mendapatkan tanggungan aturan baru urun biaya layanan BPJS.

“Ketentuan urun biaya ini tidak berlaku bagi peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah,” tegas Budi Jumat (18/1/2019).

Rencana Aturan Baru BPJS: Ada Biaya Tambahan untuk Pengobatan yang Wajib Dibayar, Cek Tarifnya!

Sementara, untuk aturan baru selisih biaya, membebaskan tanggungan untuk pemilik kartu BPJS yang terkena PHK beserta anggota keluarganya.

"Selisih biaya juga tidak berlaku untuk PBI atau yang dibayar pemerintah pusat. Juga peserta penerima upah yang sudah PHK beserta anggota keluarganya karena kemampuan finansial yang bersangkutan," kanjut Budi.

Dengan begitu, dikutip TribunWow.com dari laman resmi perklin.org, ada tiga pihak yang mendapatkan pengecualian tanggungan dari aturan baru BPJS tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Nila Irdayatun Naziha
Editor: Bobby Wiratama
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved