Virus Corona

Mengenal Long Covid-19, Berikut Penyebab, Efek hingga Cara Mengatasinya

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perawatan pasien Covid-19 di ruang isolasi RSUD Klungkung, Rabu (19/8/2020). Mengenal Long Covid-19, Berikut Penyebab, Efek hingga Cara Mengatasinya

TRIBUNWOW.COM - Setiap pasien Covid-19 tidak hanya memiliki gejala yang berbeda-beda, tetapi juga waktu kesembuhan yang tidak sama.

Kondisi itu terjadi karena dipengaruhi oleh imunitas tubuh dan juga virusnya itu sendiri.

Bahkan terdapat pasien yang positif Covid-19 sampai berminggu-minggu atau berbulan-bulan positif meskipun sudah merasa sehat.

Kondisi itu biasa dikenal sebagai long covid.

Baca juga: Beberapa Pemahaman Salah soal Vaksin Covid-19, Penerima Masih Bisa Tertular atau Tularkan Virus

Baca juga: Tidak Bisa Terlalu Sering Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19, Berikut Waktu yang Tepat

Gejala pasca Covid-19 atau long covid ditandai sebagai suatu kondisi yang menimpa penyintas Covid-19 dengan gejala infeksi virus yang menetap selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Long covid dapat membuat penyintas Covid-19 menderita sejumlah gejala yang membingungkan dan berlangsung cukup lama setelah hasil pengujian negatif untuk infeksi.

Pemulihan Covid-19 pada umumnya berlangsung sekitar 14-21 hari, jika seseorang terus menunjukkan gejala selama lebih dari 4-5 minggu, maka itu tanda utama dia mengalami long covid.

Meskipun belum ada hubungan konklusif mengenai apa yang membuat mereka mengalami long covid, ini tampaknya lebih umum terjadi di antara penyintas yang pernah mengalami Covid-19 dengan gejala sedang hingga parah.

Menurut beberapa penelitian, risiko long covid bisa lebih tinggi terjadi pada wanita, orang-orang dengan indeks massa tubuh yang tinggi (kegemukan), dan kelompok orang yang berusia di atas 50 tahun.

Lamanya gejala long covid

Orang-orang dengan long covid cenderung mengalami gejala kronis dan berkepanjangan untuk periode waktu yang berbeda.

Ada yang hitungan minggu gejalanya sudah hilang, tapi tak sedikit yang masih bertahan sampai 8 bulan.

Baca juga: Berikut Latihan Pernapasan yang Bisa Dilakukan seusai Isolasi Mandiri atau Sembuh dari Covid-19

Baca juga: Punya Risiko Tinggi Terpapar Covid-19, Apa yang Harus Dilakukan oleh Ibu Hamil Hadapi Virus Corona?

Namun, banyak dari gejala long covid yang terjadi berkaitan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya dan faktor risiko yang menghambat pemulihan.

Di antara beberapa orang dengan long covid bisa mengalami gangguan pernapasan, termasuk batuk berkepanjangan, penurunan kadar oksigen darah, serta sesak napas hingga lebih dari 2-3 bulan dan memerlukan perawatan yang lebih lama.

Selain itu, long covid juga dapat memicu berbagai efek samping yang dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang seperti kerusakan paru-paru, gangguan tidur, masalah memori, gangguan kesehatan mental, dan kekebalan yang lemah.

Cara mengatasinya

Karena gejala long covid dapat memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda-beda, tidak ada satu pengobatan khusus yang dapat membantu memulihkannya.

Tetapi, kita bisa mengatasi long covid dengan sering beristirahat, mengenali efek samping dari gejala long covid, dan mencari pengobatan simtomatik.

Orang-orang yang mengalami long covid juga dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan klinis dan pemindaian pada saat pemulihan untuk mengelola gejala dengan lebih baik dalam jangka panjang.

Baca juga: Tanda-tanda Alami Stres saat Isolasi Mandiri karena Covid-19, Atasi dengan Langkah-langkah Berikut

Sebuah penelitian baru tampaknya menunjukkan bahwa rehabilitasi mungkin bermanfaat, terutama untuk penyintas Covid-19 dengan kerusakan paru-paru yang serius.

Halaman
12