Breaking News:

Pilpres 2024

Berita Ganjar Pranowo: Bentuk Dewan Kolonel demi Puan di 2024, Elit PDIP Siap Lawan Relawan Ganjar

Meski sejauh ini memiliki elektabiltias yang tak seberapa bahkan kalah jauh dibanding Ganjar, Puan mendapat dukungan dari elit PDIP.

Kolase TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA dan YouTube Ganjar Pranowo
Foto kiri: Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan pengarahan di acara konsolidasi PDI Perjuangan dengan tema "2024 Menang Spektakuler Hattrick" di The Renaissance Ballroom, Kota Semarang, Minggu (18/9/2022). Dalam kegiatan tersebut tak nampak sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto kanan: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan masih banyak warga yang tidak tahu risiko kegiatan membakar sampah di samping jalan tol. 

TRIBUNWOW.COM - Sejumlah elit PDIP diketahui telah membentuk sebuah tim bernama Dewan Kolonel yang tujuannya mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) di 2024 nanti.

Beberapa anggota Dewan Kolonel ini adalah Anggota DPR F-PDIP seperti Johan Budi hingga Masinton Pasaribu.

Dikutip TribunWow dari Kompas, Puan sendiri memiliki elektabilitas yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga: Berita Ganjar Pranowo: Puan Gelar Persiapan 2024 di Jateng, Ganjar Jawab Alasan Tak Hadir Pakai Foto

Namun Ganjar kemungkinan kuat tidak akan mendapat restu dari PDIP untuk maju sebagai Capres 2024.

Meski tak mendapat restu dari PDIP, Ganjar memiliki basis pendukung yang kuat di akar rumput dan banyak kelompok relawan yang mendorong Ganjar menjadi Capres 2024.

Sementara itu Johan Budi selaku pencetus Dewan Kolonel mengaku siap bersaing melawan kelompok pendukung Ganjar demi kemenangan Puan di 2024.

"Bukan, bukan takut kalah. Soal kalah atau menang itu belakangan," kata Johan Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Johan sendiri menyatakan Dewan Kolonel pada akhirnya akan tetap patuh kepada keputusan akhir Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mempunyai hak prerogatif menentukan siapa capres dari PDIP di 2024.

"Kita enggak melangkahi apa yang diputuskan oleh Ibu Mega, Megawati Soekarnoputri kan. Kita tunggu nanti. Tentu semua menyampaikan kalau apa pun putusannya Bu Mega nanti, kita akan tegak lurus," kata Johan.

Dikutip TribunWow dari Kompas, Puan dan Ganjar disebut memiliki basis pendukung yang saling bertolak belakang.

Kesimpulan ini disampaikan oleh Kepala Departemen Sosial Politik Fiskom Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Putri Hergianasari.

Putri menjelaskan basis pendukung Ganjar datang dari grassroot atau akar rumput.

Sementara itu Puan mendulang suara dari kalangan elit politik.

"Ganjar cenderung merupakan capres pilihan sukarelawan politik atau bottom up, sementara Puan merepresentasikan pilihan politik top down," jelas Putri, Senin (5/9/2022).

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved