Breaking News:

Terkini Internasional

Kura-Kura Melintas di Landasan Pacu, Lima Penerbangan di Bandara Narita Ditunda

Seekor kura-kura muncul di landasan pacu Bandara Narita dan dipergoki oleh seorang pilot yang akan lepas landas, membuat lima penerbangan ditunda.

YouTube/Cargospotter
Pesawat Airbus A380 All-Nippon Airways bergambar penyu laut warna biru. Seekor kura-kura muncul di landasan pacu Bandara Narita dan dipergoki oleh seorang pilot yang akan lepas landas, membuat lima penerbangan ditunda pada Jumat (24/9/2021). 

TRIBUNWOW.COM – Kura-kura menjadi berita utama di Jepang setelah muncul di landasan pacu Bandara Narita hingga membuat lima penerbangan tertunda.

Dilansir dari The Guardian, kura-kura itu berjalan lambat di sepanjang Runway A Bandara Narita di Prefektur Chiba, Jepang sekitar pukul 11.30 waktu setempat pada Jumat (24/9/2021) pagi.

Bandara Narita terpaksa menangguhkan operasinya sementara, setelah pilot yang akan lepas landas melihat kura-kura itu di landasan dan langsung menghubungi pihak kontrol lalu lintas udara.

Kura-kura seberat 2 kilogram dengan panjang 30 sentimeter yang ditemukan di Runway A Bandara Narita di Prefektur Chiba, Jepang pada Jumat (24/9/2021).
Kura-kura seberat 2 kilogram dengan panjang 30 sentimeter yang ditemukan di Runway A Bandara Narita di Prefektur Chiba, Jepang pada Jumat (24/9/2021). (YouTube/ANNnewsCH)

Baca juga: Kasus Pertama Varian Terbaru Covid-19 Mu Ditemukan di 2 Bandara Jepang

Baca juga: Jepang Peringatkan Indonesia dan Negara Lainnya soal Kemungkinan Adanya Bom, Ini Kata Jubir Kemlu

Staf kemudian memindahkan kura-kura seberat 2 kilogram dengan panjang 30 sentimeter itu menggunakan jaring.

Mereka juga memeriksa landasan pacu sepanjang 4.000 meter untuk mencari benda asing lainnya.

Hal itu menyebabkan pihak bandara memberlakukan penundaan 15 menit untuk lima penerbangan, menurut surat kabar Mainichi Shimbun.

Penerbangan itu termasuk Airbus A380 All-Nippon Airways yang memiliki desain badan pesawat bergambar penyu laut berwarna biru, yang beroperasi sejak Juli tahun lalu untuk merayakan layanan maskapai ke Hawaii, di mana hewan itu dianggap suci.

Pesawat Airbus A380 akan lepas landas dalam penerbangan ke pulau Okinawa di Jepang selatan ketika kura-kura itu muncul.

“Di Hawaii, penyu dianggap membawa keberuntungan, dan kami berharap kura-kura yang datang untuk melihat penerbangan ini memberi sinyal masa depan yang cerah,” kata maskapai All-Nippon Airways dalam sebuah pernyataan.

Pekerja bandara memang terkadang diminta untuk mengeluarkan kucing liar, anjing, hingga kelinci dari landasan pacu.

Tetapi, kemunculan kura-kura sangat jarang terjadi, ungkap Mainichi.

Narita International Airport Corporation juga menyatakan, landasan pacu bisa ditutup karena adanya masalah di bagian pesawat atau pun karena burung, tetapi jarang ditemukan hewan kecil, dikutip dari WioNews pada Selasa (28/9/2021).

“Kura-kura itu mungkin merangkak keluar dari reservoir dekat landasan pacu untuk berjemur karena cuaca hangat beberapa hari terakhir,” kata seorang pejabat bandara.

Dilansir dari Soranews24, meskipun penerbangan mengalami gangguan, kru dan penumpang pesawat mengaku senang karena kura-kura itu selamat dari bahaya.

Baca juga: Wanita di Jepang Barat Terima Vaksin Covid-19 Sebanyak 4 Kali, Bergantian Pakai Pfizer dan Moderna

Baca juga: Menderita dan Merasa Ditipu selama 40 Tahun di Korea Utara, Warga Jepang Tuntut Kim Jong Un

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved