Breaking News:

Virus Corona

Gejala Covid-19 Datang Bertahap saat Isolasi Mandiri, Ini Urutan yang Sering Terjadi Menurut Studi

Covid-19 memiliki ragam gejala yang kerap datang bertahap seperti demam, batuk, kelelahan, dan sesak napas.

Tribunnews.com/Gani Kurniawan
Seorang pasien Covid-19 di Hotel Nyland, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021). Gejala Covid-19 bisa datang bertahap ketika isolasi mandiri. 

TRIBUNWOW.COM - Covid-19 memiliki ragam gejala yang kerap datang bertahap seperti demam, batuk, kelelahan, dan sesak napas.

Untuk itu, pasien yang menjalani isolasi mandiri harus tetap waspada meski di awal kasus tidak memiliki gejala. 

Penelitian dari University of Southern California (USC) mampu menentukan bahwa gejala Covid-19 sering dimulai dalam urutan tertentu.

Baca juga: Studi Habbatussauda: Tingkatkan Imun saat Isolasi Mandiri, Dianggap Berpotensi sebagai Obat Covid-19

Baca juga: Cegah Keparahan Covid-19, Ini Daftar 6 Makanan Mengandung Vitamin B6 untuk Isolasi Mandiri

“Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu yang bertepatan dengan infeksi Covid-19,” kata Peter Kuhn, PhD, salah satu penulis studi dan profesor di USC, dikutip dari Healthline.

“Dokter dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk merawat pasien, dan mereka dapat mencegah kondisi pasien memburuk.”

Untuk memprediksi urutan gejala, para peneliti menganalisis tingkat kejadian gejala yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk lebih dari 55 ribu  kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di China.

Mereka juga melihat kumpulan data dari hampir 1.100 kasus yang dikumpulkan antara Desember 2019 dan Januari 2020 oleh Kelompok Ahli Perawatan Medis China untuk Covid-19 yang merupakan bagian dari Komisi Kesehatan Nasional China.

Berikut urutan gejala yang sering dialami pasien Covid-19:

1. Demam

2. Batuk dan nyeri otot

3. Mual atau muntah

4. Diare

Baca juga: Seusai Isolasi Mandiri Risiko Pasien Covid-19 Alami Penyakit Ginjal Meningkat? Simak Penjelasannya

“Studi ini menemukan bahwa pasien dengan flu musiman lebih sering mengalami batuk sebelum timbulnya demam,” kata Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York, kepada Healthline.

“Pada kenyataannya, ini mungkin sulit untuk dibedakan karena flu sering dimulai secara tiba-tiba dengan tiga gejala, termasuk sakit punggung, kedinginan, dan batuk kering.”

“Hasil kami mendukung gagasan bahwa demam harus digunakan untuk menyaring masuk ke fasilitas ketika daerah mulai dibuka kembali setelah pecahnya Musim Semi 2020.”

Temuan ini mengonfirmasi jika demam dengan suhu tubuh yang tinggi merupakan deteksi awal dari Covid-19.

Seperti diketahui jika pengecekan suhu tubuh telah menjadi protokol kesehatan di berbagai tempat untuk menghindari orang berkerumun. 

Namun, dia juga menyampaikan jika kenyataan di lapangan bisa begitu berbeda. 

Menurut pengalamannya, gejala awal Covid-19 juga bisa bervariasi. 

Terlebih dengan varian Delta yang diketahui paling menular di awal-awal infeksi dan bisa jadi ketika gejala belum muncul. 

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved