Breaking News:

Virus Corona

Bisa Jaga Imun saat Isolasi Mandiri Covid-19, Kenali 6 Manfaat Qusthul Hindi bagi Kesehatan

Herbal qusthul hindi yang memiliki nama ilmiah saussurea lappa atau saussurea costus, telah lama digunakan sebagai obat tradisional

Verywell/Anastasia Tretiak
Ilustrasi qusthul hindi. Qusthul hindi memiliki banyak manfaat dan bisa mengurangi gejala Covid-19. 

TRIBUNWOW.COM - Herbal Qusthul Hindi yang memiliki nama ilmiah saussurea lappa atau saussurea costus, telah lama digunakan sebagai obat tradisional terutama di Tiongkok, Tibet, dan India. 

Tanaman herbal ini juga pernah diklaim sebagai obat Covid-19 dan hal itu telah dibantah oleh Satgas Covid-19

Dilansir dari Very Well Health, herbal ini diyakini memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, dan analgesik (penghilang rasa sakit) yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Baca juga: Studi Habbatussauda: Tingkatkan Imun saat Isolasi Mandiri, Dianggap Berpotensi sebagai Obat Covid-19

Baca juga: Waspada saat Isolasi Mandiri, Ini Kondisi Anak yang Rentan Alami Keparahan saat Terinfeksi Covid-19

 Qusthul Hindi juga telah ditunjukkan dalam penelitian tabung reaksi untuk menetralkan bakteri yang resistan terhadap banyak obat.

Itu termasuk Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap methicillin, Escherichia coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

Meski begitu, penelitian manusia untuk mendukung klaim ini dan klaim lainnya adalah kekurangan.

Selain itu tanaman tersebut juga mengandung senyawa aroma yang disebut terpene yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dengan menekan enzim siklooksigenase (COX).

Ini adalah enzim yang sama yang ditargetkan oleh obat antiinflamasi nonsteroid seperti Advil (ibuprofen) dan Aleve (naproxen).

Berikut beberapa manfaat qusthul hindi bagi kesehatan:

1. Untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa qusthul hindi dapat meningkatkan kesehatan jantung, meskipun mekanisme aksi yang tepat masih belum diketahui.

Baca juga: Seusai Isolasi Mandiri Risiko Pasien Covid-19 Alami Penyakit Ginjal Meningkat? Simak Penjelasannya

Menurut sebuah studi tahun 2013 di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, tikus dengan angina yang diinduksi secara kimia dilindungi dari cedera miokarditis atau peradangan di otot jantung jika diberikan ekstrak qusthul hindi oral selama 28 hari.

Sebuah studi serupa di Pakistan Journal of Pharmaceutical Science melaporkan bahwa kelinci yang diberi tiga dosis ekstrak qusthul hindi mengalami peningkatan aliran darah koroner dan penurunan denyut jantung dibandingkan dengan kelinci yang tidak diobati.

Efek ini mirip dengan yang terlihat pada kelinci yang diobati dengan obat-obatan farmasi digoksin dan diltiazem.

Seperti halnya penelitian pada hewan, temuan ini tidak dapat secara otomatis dianggap berlaku untuk manusia dan perlu dikonfirmasi pada penilitian terhadap manusia. 

2. Memperbaiki fungsi hati

Qusthul hindi diyakini dapat membantu dalam pengobatan sejumlah penyakit hati.

Hal itu didasarkan pada sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research.

Menurut para peneliti, tikus dengan hepatitis yang diinduksi secara kimia mengalami lebih sedikit kerusakan hati ketika diobati dengan ekstrak qusthul hindi.

Dibandingkan dengan tikus yang tidak diobati, mereka yang diberi qusthul hindi mengalami peradangan hati yang lebih sedikit dan enzim hati yang lebih baik.

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved