Breaking News:

Virus Corona

Gejala Umum saat Isolasi Mandiri, Ini Bedanya Sakit Tenggorokan akibat Covid-19 dan Sebab Lain

Gejala sakit tenggorokan pada pasien Covid-19 tercatat sebagai gejala yang cukup sering dialami oleh pasien Covid-19. 

Penulis: Afzal Nur Iman
Editor: Atri Wahyu Mukti
healthyhomesl.com
ilustrasi radang tenggorokan. Lebih dari setengah pasien Covid-19 baru, baik yang sudah divaksin atau belum mengalami gejala sakit tenggorokan. 

TRIBUNWOW.COM - Gejala sakit tenggorokan pada pasien Covid-19 tercatat sebagai gejala yang cukup sering dialami oleh pasien Covid-19

ZOE Covid Study Symptom, bahkan menyebut bahwa itu adalah satu di antara gejala yang paling sering dilaporkan, baik pada orang yang divaksinasi maupun yang tidak divaksinasi.

Perbedaan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh Covid-19 disampaikan oleh Tim Spector yang merupakan salah satu tim yang terlibat dalam studi tersebut.

Baca juga: Mungkin Tidak Disadari, Kenali 7 Tanda Kecemasan yang Bisa Dirasakan saat Isolasi Mandiri Covid-19

Baca juga: Bahaya Komplikasi Pembekuan Darah pada Pasien Covid-19, Kenali Tandanya saat Isolasi Mandiri

Mereka melakukan presentasi yang disiarkan secara online dan meminta pemirsa untuk melaporkan dengan tepat bagaimana rasa sakit tenggorokan pada pasien Covid-19.

“Kami mendapat pesan bahwa sakit tenggorokan yang dialami orang-orang dengan Covid agak tidak biasa, tidak seperti yang pernah mereka lihat sebelumnya," ujarnya dikutip dari The Sun.

“Mungkin di tempat yang berbeda, atau rasanya berbeda."

“Kami mungkin akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang itu untuk melihat apakah kami dapat membedakan gejala tipe Covid ini dari gejala virus flu biasa.”

Di antara ribuan komentar, beberapa orang mengatakan bahwa sakit tenggorokan mereka kering, bukannya sakit, serta rasa seperti tergaruk atau gatal.

Yang lain mencatat bahwa amandel mereka telah membesar, menjadi merah dan lebih besar.

“Saya pernah sakit tenggorokan di masa lalu, tetapi ini adalah yang terburuk yang pernah saya alami."

Baca juga: Seusai Isolasi Mandiri, Studi Ungkap Penyakit Paru-paru Pasien Covid-19 Masih Bisa Terus Berkembang

"Rasa sakitnya sangat buruk sehingga membangunkan saya dan saya merasa saya sekarat. Saya tidak ingin terlalu dramatis tapi itu mengerikan.”

Berdasar data di aplikasi ZOE, hampir setengah dari orang dengan Covid mengalami sakit tenggorokan.

Penelitian yang menggunakan data dari jutaan pengguna aplikasi tersebut menyebutkan, sakit tenggorokan akibat Covid cenderung ringan, datang pada minggu pertama sakit dan berlangsung tidak lebih dari lima hari.

“Rasanya lebih buruk pada hari pertama infeksi tetapi membaik pada setiap hari berikutnya,” dalam rilis ZOE Covid Study Symptom.

Dikatakan sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh banyak penyakit pernapasan, seperti pilek musiman, dan karena itu mungkin tidak disebabkan oleh Covid.

Dan itu memperingatkan bahwa jika seseorang mengalami sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari lima hari, mungkin ada baiknya menemui dokter karena ini bisa menandakan sesuatu yang lain.

Namun cara untuk mengetahui apakah sakit tenggorokan disebabkan oleh Covid atau flu biasa bisa jadi berasal dari gejala lain yang menyertainya.

“Merasa sakit tenggorokan bersama dengan kehilangan penciuman (anosmia) lebih mungkin disebabkan oleh Covid-19 daripada pilek biasa,” tulisnya.

Menurut NHS, hilangnya rasa dan bau juga bisa disebabkan oleh flu biasa.

Dan, seperti yang disarankan oleh aplikasi, Covid secara perlahan menjadi semakin mirip dengan pilek dalam hal kemunculannya.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved