Breaking News:

Virus Corona

Risiko Isolasi Mandiri di Rumah saat Covid-19, Ini Keuntungan Isoman di Fasilitas Pemerintah

Kini banyak anjuran yang mengajak masyarakat terpapar Covid-19 untuk isolasi terpusat di falisitas milik pemerintah

YouTube Sekretariat Presiden
Koordinator tim pakar dan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan soal perkembangan penanganan Covid-19, Selasa (20/7/2021). Pilih Isolasi Mandiri di Rumah saat Covid-19? Ini Keuntungan Isoman di Fasilitas Pemerintah 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah mengizinkan masyarakat yang positif Covid-19 untuk menjalankan isolasi secara mandiri di rumah. 

Namun, kini banyak anjuran yang mengajak masyarakat terpapa Covid-19 untuk isolasi terpusat di falisitas milik pemerintah. 

Hal itu dinilai karena banyak orang yang positif Covid-19 tidak memenuhi syarat isolasi mandiri di rumah namun tetap memaksa dengan berbagai alasan. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Obati Gejala Anosmia saat Terinfeksi Covid-19, Bisa dengen Membilas Hidung

Baca juga: Kaya Vitamin D, Konsumsi Jamur hingga Sarden Bisa Bantu Penyembuhan Covid-19 saat Isolasi Mandiri

Isolasi mandiri di rumah yang dilakukan secara tidak benar juga memicu potensi penularan Covid-19 kepada anggota keluarga lainnya. 

Tercatat ada beberapa pemerintah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, dan Bali mengajak warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk pindah ke ruang isolasi terpusat.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 juga mengingatkan agar warga yang tidak memenuhi syarat isolasi mandiri untuk menjalani isolasi di lokasi terpusat milik pemerintah.

"Untuk masyarakat, yang bergejala sedang, berat atau berusia diatas 45 tahun, atau memiliki komorbid, dan atau tidak memiliki tempat yang memadai melakukan isolasi mandiri, kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri," Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (29/7/2021) dikutip dari covid19.go.id.

 Sedain syarat klinis yang disebutkan di atas ada juga syarat rumah yang harus dipenuhi pasien Covid-19 sebelum menjalani isolasi mandiri seperti memiliki kaar terpisah dan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya. 

"Sehingga bisa menghindari kontak erat dengan anggota keluarga lainnya yang tinggal  dalam 1 rumah." 

"Pastikan selama isolasi mandiri, untuk makan makanan yang bergizi, minum obat dan secara berkala mengecek termperatur serta saturasi oksigen," Wiku berpesan. 

Wiku menyebut sejak kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia pemerintah telah meningkatkan kapasitas ruang untuk isolasi terutama di pulau Jawa dan Bali.

Baca juga: Cegah Kejenuhan Anak saat Isolasi Mandiri karena Covid-19, Ini Tips yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Baca juga: PENTING, 5 Hal Ini Bisa Turunkan Angka Kematian saat Isolasi Mandiri karena Covid-19

Berikut keuntungan isolasi di lokasi terpusat milik pemerintah:

1. Perawatan di tempat isolasi terpusat diawasi langsung oleh tenaga kesehatan

2. Dipantau baik tanda vital, gejala,

3. Disediakan makan yang sehat,

4. Tersedia obat-obatan,

5. Jika terjadi perburukan bisa langsung ditangani,

6. Seluruh biaya selama menjalani isolasi gratis.

Sedangkan jika tetap menginginkan isolasi mandiri di rumah ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar dapat menjalani isolasi mandiri yang baik.

Wiku juga pernah menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved