Virus Corona

8 Tips Cegah Penularan Virus Corona untuk Pedagang Sayur dari BPOM, Pastikan Jarak dengan Konsumen

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diberlakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

AFP/Philip Fong
ILUSTRASI - Pedagang sayuran mengenakan masker saat berjualan di pasar di Distrik Mei Foo, Hong Kong. 

TRIBUNWOW.COM - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diberlakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 atau Virus Corona.

Kendati demikian, aktivitas yang berkaitan dengan pangan tidak dilarang, termasuk perdagangan sayur keliling.

Penerapan PSBB ini memberikan arahan agar aktivitas masyarakat untuk dapat seminimal mungkin melakukan kegiatan di luar rumah.

Presiden Jokowi Larang Mudik Lebaran, Luhut Pandjaitan: Wilayah Jabodetabek dan Daerah yang PSBB

Termasuk untuk bekerja, belajar, beribadah dan lain sebagainya, dengan tujuan mencegah terjadinya transmisi atau penularan Covid-19 yang lebih masif lagi di masyarakat.

Di tengah wabah pandemi Covid-19 saat ini, perdagangan sayur keliling tetap dapat beraktivitas di luar rumah, tidak hanya karena kebutuhan pedagangnya saja untuk mendapatkan rupiah.

Namun, banyak pula masyarakat yang memilih membeli dari pedagang sayur keliling sebagai alternatif berbelanja karena tidak perlu jauh ke luar dari rumah.

Agar upaya pencegahan penularan Virus Corona yang menyebabkan Covid-19 ini tetap bisa berjalan dengan baik, dan juga kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi, terkait konsumsi pangan melalui pedagang sayur keliling, maka Badan POM RI memberikan beberapa panduan.

4 Tips Aman Jalani Puasa di Bulan Ramadan Selama Pandemi Corona, Hindari Berbuka di Luar

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 pada pedagang sayur keliling.

1. Selalu membersihkan gerobak dan peralatan yang digunakan sebelum dan sesudah berjualan.

2. Selalu gunakan kantong plastik ramah lingkungan untuk membungkus belanjaan atau sarankan pembeli membawa kantong belanja sendiri.

3. Sering membersihkan permukaan peralatan atau pinggiran gerobak yang selalu dipegang pembeli selama berjualan.

4. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik sesering mungkin, atau gunakanlah hand sanitizer setelah melayani pembeli.

5. Pastikan jarak antara pembeli minimal 1 meter.

6. Selalu gunakan masker saat berjualan, meskipun harus berbincang dengan pelanggan.

7. Jangan berdagang jika sedang sakit.

8. Manfaatkan handphone, sebarkan nomor kepada pelanggan, sehingga pelanggan bisa memesan barang belanjaan untuk mempercepat transaksi dan mengurangi interaksi agar dapat meminimalisir potensi penularan Virus Corona(Ellyvon Pranita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Penularan Corona, Ini Tips BPOM untuk Pedagang Sayur Keliling"

Ikuti kami di
Editor: Ananda Putri Octaviani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved