Travel dan Kuliner

Dikenal dengan Wisata Bawah Airnya, Ini Cara Umbul Ponggok Pertahankan Pamornya

Wisata Umbul Ponggok memang terkenal dengan pariwisata bawah airnya. Namun bagaimana cara mempertahankan pamor tempat wisata itu sendiri?

Dikenal dengan Wisata Bawah Airnya, Ini Cara Umbul Ponggok Pertahankan Pamornya
TRIBUN-VIDEO.COM/Gulang Chandra
Joko Winarno (Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok), Muhammad Thoric (Owner @kulinerdisolo dan @solo.nganeni), Gerry Prayudi (Owner @surakartakita soloraya), dan Daryono (Waket Asosiasi Travel Agent Indonesia (Asita) Jateng) dalam acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Wisata Umbul Ponggok yang terletak di kawasan Jalan Delanggu-Polanharjo, Dusun Jeblongan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan pariwisata bawah airnya.

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata di mana kamu dapat melakukan snorkling dan diving bukan di laut, namun di kolam mata air alami.

Umbul Ponggok juga diketahui sebagai pionir wisata berfoto di dalam air.

Wisata Umbul Ponggok
Wisata Umbul Ponggok (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Namun kini banyak pula bermunculan tempat wisata yang memberikan fasilitas serupa kepada para pengunjungnya.

Berawal dari Desa Miskin, Akhirnya Umbul Ponggok Mampu Berkembang hingga Jadi Tempat Wisata

Joko Winarno (Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok - menggunakan baju merah) dalam acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019).
Joko Winarno (Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok - menggunakan baju merah) dalam acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019). (TRIBUN-VIDEO.COM/Gulang Chandra)

Ternyata pihak pengelola Umbul Ponggok memiliki sejumlah kiat untuk menjaga pamor tempat wisatanya itu.

"Pertama, kami melihatnya dari sisi internal dan eksternal. Pertama dari sisi internal, bahwa kami itu punya sumber daya alam luar biasa, yaitu mata air."

"Satu desa itu punya empat mata air," sebut Joko Winarno, Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, saat ditemui dalam acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) dengan tajuk 'Mengenali Harta Karun Wisata Solo dan Sekitarnya', yang digelar di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019).

Kerusuhan Aksi 22 Mei di Jakarta, PP PMKRI Desak Aktor Intelektualnya Ditangkap

Di antara mata air yang berada di kawasan Ponggok, memang umbul yang kemudian diberi nama dengan Umbul Ponggok itulah yang dianggap luar biasa.

"Cuma Umbul Ponggok itu yang paling luar biasa, karena debitnya 800 liter per detik," terangnya.

Pihak pengelola Umbul Ponggok juga terus mengembang inovasi-inovasi lainnya agar eksitensi Umbul Ponggok dapat terus terjaga.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Laila Zakiyya Khairunnisa
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved