Breaking News:

Gempa di Cianjur

Berita Ridwan Kamil: Promosikan Pisodapur, Aplikasi Berisi Informasi Penanggulangan Gempa di Cianjur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengabarkan bahwa aplikasi Pisodapur untuk penanganan korban gempa Cianjur sudah bisa diakses.

Instagram @asistenpemkesrajabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan peninjauan ke lokasi terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, (22/11/2022). Terbaru, Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi penanganan gempa Cianjur yang diberinama Pisodapur, Jumat (3/12/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempromosikan aplikasi web bernama Pisodapur yang digunakan untuk mempermudah penanganan masyarakat terdampak bencana.

Dilansir TribunWow.com, aplikasi tersebut bisa diakses secara bebas dan dapat menampung aduan hingga menyediakan seluruh informasi terkait bencana.

Dalam keterangannya, Ridwan Kamil mengatakan bahwa aplikasi tersebut dibuat agar bisa membantu koordinasi dan penyaluran bantuan agar tepat sasaran.

Baca juga: Berita Ridwan Kamil: Terancam Digugat Apindo Gara-gara UMR, RK Tegas Sebut Berpihak pada Buruh

Melalui akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Jumat (3/12/2022), sang gubernur menjelaskan terkait aplikasi yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut.

Aplikasi tersebut dinamai Pisodapur yang merupakan singkatan dari Pusat Informasi Koordinasi Data Gempa Cianjur.

Di dalamnya ditampilkan sejumlah jendela untuk masyarakat terdampak, pengaduan distribusi, relawan hingga dashboard peta.

Masyarakat bisa mengajukan permintaan untuk mendapat bantuan logistik hanya dengan mengisi formulir yang sudah disediakan.

"PUBLIK SUDAH BISA MENGAKSES PISODAPUR,

Untuk semua hal terkait koordinasi berbasis data Gempa Cianjur. Terkait mau butuh apa buat pengungsi dan mau donasi apa bagi donatur. Lengkap dengan laporan foto/videonya.

Pemprov Jawa Barat menghadirkan aplikasi web untuk mempermudah wargi sekalian yang terdampak gempa Cianjur maupun yang ingin membantu," tulis Ridwan Kamil.

Baca juga: Berita Ridwan Kamil, Hibur Pengungsi Gempa Cianjur, RK Adakan Kuis hingga Ajang Pencarian Bakat

Dalam video singkat yang diunggah, diperlihatkan cara-cara penggunaan dan pengisian formulir untuk pengajuan logistik.

Kemudian diperlihatkan juga pemetaan bantuan yang dibedakan dengan warna serta berisi informasi terkait distribusi.

Lewat tulisannya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa aplikasi tersebut dibuat untuk mempermudah penanganan bencana agar tepat sasaran dan efisien.

"Aplikasi web ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi guna menyampaikan aduan, mengajukan bantuan, pendaftaran relawan, dan memperoleh seluruh informasi terkait bencana.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved