Breaking News:

Gempa di Cianjur

Viral Korban Gempa Cianjur Mengungsi di Kandang Kambing, BNPB: Semula Enggak Mau Pindah ke Tenda

BNPB mengaku telah bergerak menangani puluhan korban gempa Cianjur yang mengungsi di kandang kambing.

Tangkapan Layar YouTube KOMPASTV
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyampaikan update terkait penanganan dampak gempa Cianjur, Jawa Barat per hari Minggu, (27/11/2022). BNPB telah memberikan bantuan terhadap puluhan warga korban gempa yang sempat viral dikabarkan mengungsi di kandang kambing. 

TRIBUNWOW.COM - Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan upaya pemerataan bantuan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Dilansir TribunWow.com, BNPB mengaku cepat merespons segala laporan dari masyarakat dan pemberitaan media terkait penanganan gempa Cianjur.

Seperti segera melakukan tindakan terkait kabar viral mengenai puluhan warga yang terpaksa mengungsi di kandang kambing.

Baca juga: Korban Gempa Cianjur Mayoritas Perempuan, Ribuan di Antaranya Tercatat Sedang Mengandung

"Kemarin media memberitakan ada pengungsi yang mengungsi di kandang kambing. Itu segera kami datang ke sana," ucap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dikutip kanal YouTube KOMPAS TV, Minggu (27/11/2022).

Setelah mendatangi langsung lokasi pengungsian di Kampung Warungbatu, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, BNPB mendapati kebenaran berita tersebut.

Pihaknya segera membangun tenda yang lebih layak agar para pengungsi bisa tinggal dengan nyaman.

"Ternyata memang tempatnya itu dengan rumahnya memang lebih nyaman. Tapi kan kita orang timur masa manusia mengungsi di tempat kambing," beber Suharyanto.

"Akhirnya kita bangun tenda di sebelahnya, yang lebih bagus, lebih representatif."

Namun rupanya, BNPB sempat mendapat penolakan dari warga yang enggan pindah.

Akhirnya, mereka sepakat mengambil jalan tengah dengan bersedia tinggal di tenda BNPB, namun tetap melakukan kegiatan memasak di dekat tenda yang merupakan kandang kambing tersebut.

"Semula masyarakat enggak mau pindah ke tenda itu, tetapi setelah dibujuk akhirnya mereka mau dengan catatan masak tetap di sekitaran kandang kambing itu," terang Suharyanto.

"Ya itu adalah win-win solution," tandasnya.

Puluhan warga Kampung Warungbatu, Desa Mekarsari, Cianjur, Jawa Barat memilih mengungsi di kandang kambing pascagempa pada Senin (21/11/2022) lalu.
Puluhan warga Kampung Warungbatu, Desa Mekarsari, Cianjur, Jawa Barat memilih mengungsi di kandang kambing pascagempa pada Senin (21/11/2022) lalu. (Tribunnews.com/ Abdi Ryanda Shakti)

Baca juga: Detik-detik Angkot Bawa Rombongan Anak SD Kena Longsoran Gempa Cianjur, sang Sopir: Goncangan Besar

Dikabarkan sebelumnya, sebanyak 70 warga terdampak gempa Cianjur mengungsi di kandang kambing.

Warga setempat bernama Iwan Yustiawan (36) mengaku lebih memilih tinggal di tenda tersebut lantaran masih trauma untuk kembali ke rumah.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved