Breaking News:

Gempa di Cianjur

Berita Ridwan Kamil: Bantuan Gempa Cianjur Dicegat, RK Bagikan Nomor Hp Kapolda Jabar untuk Laporan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pendataan bantuan logistik dan memberikan cara menanggulangi pencegatan distribusi oleh oknum.

Instagram @asistenpemkesrajabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan peninjauan ke lokasi terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, (22/11/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengupayakan pemerataan bantuan logistik untuk korban gempa di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Dilansir TribunWow.com, ia berkoordinasi langsung dengan relawan dan warga untuk mendata kebutuhan para pengungsi.

Selain itu, Ridwan Kamil juga membagikan nomor ponsel Kapolda Jabar Irjen. Pol. Suntana, sebagai respons atas banyaknya laporan pencegatan logistik.

Baca juga: Berita Ridwan Kamil: Korban Tewas Gempa Cianjur Capai 268 Jiwa, RK Rinci Kebutuhan 58 Ribu Pengungsi

Melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (24/11/2022), sang gubernur membagikan kegiatannya saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, dua hari yang lalu.

Sebagaimana diketahui, wilayah Cugenang sempat terisolasi lantaran jalan utama ke lokasi tersebut tertimbun longsoran akibat gempa.

Setelah akses kembali terbuka, pihak pemerintah langsung melakukan penyelamatan dan menyalurkan bantuan bagi desa-desa yang belum tersentuh.

Dalam video yang dibagikan, tampak Ridwan Kamil berdiskusi dengan warga dan relawan.

Ia mengumpulkan data mengenai lokasi mana saja yang masih kekurangan dan membutuhkan bantuan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau korban gempa bumi yang dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau korban gempa bumi yang dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (Laman jabarprov.go.id)

Baca juga: Angkot Berisi Anak-anak Masih Tertimbun akibat Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Ada 5 Kendaraan

Di kolom keterangan, Ridwan Kamil menuliskan upaya yang telah dilakukan pemerintah dan memberi jalur pelaporan jika ada wilayah yang belum terbantu.

"DESA-DESA TERPENCIL,

Dikoordinasikan logistiknya dengan tim relawan yang membantu tim utama TNI/Polri dan BNPB. Sekitar Rp 2 Miliar dari Pemprov Jabar kemarin dibelanjakan segera setelah mereview kebutuhan-kebutuhan para pengungsi di desa-desa terpencil.

Jika masih ada yang belum terbantu, silakan bantu jadi relawan jempol dengan mengontak hotline 115 dan 117, atau via akun @jabarquickresponse," tulis Ridwan Kamil.

Belakangan, dilaporkan bahwa sejumlah penyaluran bantuan terhambat karena ada pencegatan di tengah jalan oleh oknum warga.

Menanggapi hal ini, Ridwan Kamil mengimbau agar pemberi bantuan atau distributor menghubungi langsung nomor Kapolda yang tertera.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved