Breaking News:

Penyakit Hepatitis

Mengenal Hepatitis Akut Misterius, Waspadai Gejala atau Ciri-cirinya pada Anak

Munculnya penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut di berbagai negara, membuat sebagian masyarakat mulai khawatir, kenali gejalanya.

Editor: Lailatun Niqmah
The Quint
Ilustrasi anak sakit. Munculnya penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut di berbagai negara, membuat sebagian masyarakat mulai khawatir, kenali gejalanya. 

TRIBUNWOW.COM - Munculnya penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut di berbagai negara, membuat sebagian masyarakat mulai khawatir.

Hingga kini, penyakit hepatitis akut yang diduga sudah masuk Indonesia itu belum diketahui secara pasti penyebabnya dan masih dalam tahap penelitian.

Banyaknya laporan kasus hepatitis akut di berbagai negara membuat WHO menyatakan penyakit tersebut sebagai Kondisi Luar Biasa (KLB) yang menyerang anak-anak di Asia, Amerika, dan Eropa.

Baca juga: Cara Mencegah Hepatitis Akut, Waspada 15 Suspek Sudah Terdeteksi di Indonesia

Untuk lebih mengenal dan mewaspadai hepatitis akut, simak penjelasan mengenai arti hingga gejala-gejalanya.

Hepatitis Akut

Menurut National Library of Medicine, Hepatitis akut adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang ditandai dengan peradangan akut parenkim hati atau cedera pada hepatosit yang mengakibatkan peningkatan indeks fungsi hati.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab infeksi dan non-infeksi.

Dalam penelitian J. Schaefer Timothy dan John Savio pada tahun 2021 disebutkan, penyebab infeksi Hepatitis akut yang paling umum adalah sekunder dari infeksi virus (Hepatitis virus akut).

Namun demikian, Hepatitis akut juga dapat diakibatkan oleh berbagai penyebab noninfeksi yang mencakup beberapa kemungkinan, yaitu obat-obatan (Hepatitis yang diinduksi obat), alkohol (Hepatitis alkoholik), imunologi (Hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer) atau sebagai akibat dari gangguan tidak langsung sekunder akibat disfungsi saluran empedu (Hepatitis kolestatik), disfungsi hati terkait kehamilan, syok atau penyakit metastasis.

Terkait kasus ini, Indonesia juga melakukan penelitian tentang penyebab Hepatitis akut pada anak, seperti yang diberitakan oleh Kemenkes.

Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, seorang dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll.

Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Untuk mencegah risiko infeksi, Prof Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Baca juga: Waspada Hepatitis Akut, Sebagian Kasus Tak Tunjukkan Gejala Demam pada Anak, Cek Ciri-cirinya

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved