Breaking News:

Virus Corona

Aturan Lengkap Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 Varian Omicron, dari Tempat hingga Kriteria Sembuh

Pasien isolasi mandiri yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron perlu menyimak aturan baru dari pemerintah.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. Pasien isolasi mandiri yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron perlu menyimak aturan baru dari pemerintah. 

TRIBUNWOW.COM - Pasien isolasi mandiri yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron perlu menyimak aturan baru dari pemerintah.

Aturan baru ini diputuskan setelah terdapat 149 negara yang telah melaporkan varian Omicron.

Dalam Technical brief WHO per tanggal 7 Januari 2022, disebutkan tingkat penularan varian Omicron lebih cepat.

Namun, berdasarkan beberapa studi awal di Denmark, Afrika Selatan, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat, saat ini menunjukkan risiko perawatan di rumah sakit lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Penelitian lebih lanjut terkait Omicron masih terus dilakukan.

Ilustrasi karantina diri - Berikut aturan terbaru isolasi mandiri pasien Omicron, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.
Ilustrasi karantina diri - Berikut aturan terbaru isolasi mandiri pasien Omicron, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini. (Fox news)

Baca juga: Kenali Gejala Omicron yang Paling Sering Muncul, Lengkap dengan Cara Mencegah Penularannya

Berdasarkan informasi sebelumnya, kasus virus Corona varian Omicron di Indonesia sudah mencapai 840 kasus hingga Senin (17/1/2022).

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmidzi, dalam diskusi virtual pada Rabu (18/1/2022).

"Sejak kita deteksi pada tanggal 15 Desember 2021 sampai 17 Januari 2022, sudah ada 840 kasus positif Omicron," terangnya.

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan sebanyak 174 kasus dari 840 kasus merupakan transmisi lokal.

Sebagai informasi, terdapat penambahan hingga 609 kasus Omicron, seiring bertambahnya pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Perlu diketahui, kasus impor Omicron tertinggi berasal dari PPLN Arab Saudi, kedua Turki yang didominasi oleh wisatawan, kemudian USA, Malaysia, serta Uni Emirat Arab.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut dan seiring perkembangan kasus Covid-19, dibutuhkan penyesuaian kebijakan upaya penanganan kasus Covid-19 varian Omicron dengan mempertimbangkan situasi epidemiologi dan kapasitas respons.

Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron (B.1.1.529) ini dibuat untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak terkait dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19 varian Omicron.

Dalam SE Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022, dituliskan mengenai aturan terbaru isolasi mandiri pasien Omicron.

Sebagai informasi, kasus probable dan konfirmasi varian Omicron, baik yang bergejala (simptomatik) maupun tidak bergejala (asimptomatik), diwajibkan melakukan isolasi.

Baca juga: Siap Hadapi Penyebaran Covid-19 Omicron, Pemerintah Siapkan 400 Ribu Obat Antivirus Molnupiravir

Berikut aturan terbaru isolasi mandiri pasien Omicron sesuai Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022:

Mulai dari
Aturan TerbaruAturan Terbaru
Halaman
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved