Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Covid-19 Aman bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Atas 12 Tahun, Sama seperti Masyarakat Umum

Pemerintah mengajak orangtua untuk segera mendukung anak berkebutuhan usia (ABK) di atas 12 tahun menerima vaksinasi Covid-19.

YouTube/BBC News
Ilustrasi Vaksin Virus Covid-19 

TRIBUNWOW.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, drg. Kartini Rustandi M.Kes mengajak orangtua untuk segera mendukung anak berkebutuhan usia (ABK) di atas 12 tahun menerima vaksinasi Covid-19.

Ia memastikan vaksin yang tersedia telah dinyatakan aman.

"Ayo kita bawa anak-anak kita yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan vaksinasi. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang mampu memberikan sesuatu bagi bangsa ini juga karena dibalik kekurangan mereka ada kelebihan," ungkapnya dalam dialog FMB9 secara virtual pada Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Ahli Jelaskan Kemungkinan Penyebab Perubahan Siklus Haid setelah Mendapat Vaksin Covid-19

Kartini mengakui tidak mudah untuk membawa anak-anak berkebutuhan khusus ini ke tempat vaksinasi Covid-19.

Sehingga untuk mempercepat cakupan vaksinasi bagi kelompok rentan ini, pihaknya terus berupaya melakukan percepatan.

Seperti mengadakan program membawa orang atau anak disabilitas, maka 3 orang pengantarnya boleh mendapat vaksin.

Kemudian juga bekerjasama dengan pihak lain untuk mengadakan sentra-sentra vaksinasi terdekat.

Satu diantaranya adalah YCAB Foundation yang mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk umum bertajuk i-Serve Vaccine.

Ketua panitia James Revelino mengatakan pihaknya telah memvaksinasi sebanyak 50 ribu peserta, dimana 28 persen peserta merupakan kelompok anak muda usia remaja.

Dari 28 persen usia remaja, 4,2 persen adalah anak-anak berkebutuhan khusus

"I-Serve Vaccine ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksin untuk itu kami melakukan vaksinasi dengan metode Drive Thru," ungkap James.

Selain menyediakan jalur khusus vaksinasi drive thru bagi disabilitas, pihaknya juga menyediakan tempat khusus bagi penyandang disabilitas yang memang tidak bisa melakukan vaksinasi bersama dengan peserta umum.

Dukungan Masyarakat

Pemerintah mendorong kerja sama berbagai pihak guna memastikan perlindungan kesehatan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).

Penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 kepada anak berkebutuhan khusus, membutuhkan upaya dan perhatian lebih.

Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi mengatakan setiap anak termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, memiliki hak yang sama untuk bertumbuh kembang, mendapatkan perlindungan, pendidikan, serta pengasuhan yang baik.

“Mereka juga merupakan generasi penerus bangsa yang dapat memberikan sesuatu bagi Indonesia, karena di balik keterbatasannya, mereka pasti memiliki kelebihan,” kata Kartini dalam Dialog Rabu Utama Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9)-KPCPEN, Senin (20/9/2021).

Ia menuturkan, pelayanan kesehatan bagi ABK secara umum sama seperti masyarakat lainnya.

Hanya saja, para tenaga kesehatan perlu memperhitungkan kondisi, riwayat kesehatan, serta mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap ABK.

"Bagi ABK yang terinfeksi Covid-19, tenaga kesehatan akan memberikan obat serta tindakan yang sama dengan masyarakat umum. Namun tentu saja tenaga kesehatan akan mempertimbangkan banyak hal, karena anak-anak ini membutuhkan perlakuan khusus,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved