Breaking News:

Persib Bandung

Era Keemasan Gelandang Asli Binaan Persib Bandung Terancam Terhenti di Liga 1 2021, Ini Sebabnya

Era keemasan gelandang asli binaan Persib Bandung terancam terhenti di Liga 1 2021.

Instagram @bulao.id @adam62663 @dedikusnandar11
Cucu Hidayat (kiri) pada postingan Instagram @bulao.id pada 24 November 2019, Eka Ramdani (tengah) pada postingan Instagram @adam62663 19 Februari 2021 dan Dedi Kusnandar (kanan) @dedikusnandar11 18 April 2017. Era keemasan gelandang jebolan Persib Bandung terancam usai. 

TRIBUNWOW.COM - Era keemasan gelandang asli binaan Persib Bandung terancam terhenti di Liga 1 2021.

Pasalnya, Persib Bandung di Liga 1 2021 memiliki beberapa pemain berkualitas di lini tengah seperti Marc Klok dan Mohammed Rashid.

Bahkan dapat dikatakan duet Marc Klok dan Mohammed Rashid dipastikan menyegel 2 slot di lini tengah Maung Bandung.

Mengingat pelatih Persib Bandung, Robert Alberts kerap memasang formasi 4-3-3 dengan mengandalkan sosok attacking midfielder di depan dua pemain tengahnya.

Sementara beberapa gelandang Persib Bandung lainnya seperti Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Abdul Aziz, Ardi Maulana serta Syafril Lestaluhu menempati posisi yang sama dengan Klok dan Rashid.

Posisi attacking midfielder atau gelandang serang kerap dimainkan oleh Ezra Walian dalam dua laga terakhir Maung Bandung di Liga 1 2021.

Sebenarnya, jauh sebelum hadirnya Marc Klok dan Mohammed Rashid, Persib Bandung pernah memiliki beberapa gelandang tengah asli didikan diklat Persib yang tak kalah mempuni.

Nama-nama pemain seperti Cucu Hidayat dan Eka Ramdani pernah mendapatkan satu tempat spesial di hati Bobotoh kala berhasil memainkan perannya di lini tengah Persib Bandung.

Baca juga: Eks Dua Kiper Timnas Indonesia yang Gagal Bersinar Bersama Persib Bandung, Ini Profil Keduanya

Baca juga: Komentar Pelatih Persib Bandung Robert Alberts terkait Hilangnya Lilipaly dari 2 Laga Bali United

Seperti diketahui Cucu Hidayat merupakan pemain asli jebolan klub binaan Persib Bandung, Propelat POPP, dan PS Setia.

Sebelum akhirnya, Cucu berhasil memperkuat Maung Bandung pada musim 2006 hingga 2008.

Seusai era Cucu Hidayat. giliran era keemasan dari sosok gelandang yang pernah jadi ikon Persib Bandung, Eka Ramdani.

Eka Ramdani atau kerap disapa "Ebol" merupakan gelandang tengah jebolan dari klub binaan Persib Bandung, PS UNI Bandung.

Aksi gelandang Persib Bandung, Eka Ramdani saat tampil melawan Sriwijaya FC pada partai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1/2018) sore.
Aksi gelandang Persib Bandung, Eka Ramdani saat tampil melawan Sriwijaya FC pada partai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1/2018) sore. (BolaSport.com/Herka Yanis Pangaribowo)

Ia tercatat berhasil memulai karier profesionalnya bersama Persib Bandung pada tahun 2002.

Sosok Eka Ramdani bahkan dapat dikatakan merupakan gelandang binaan Persib Bandung yang paling dicintai oleh Bobotoh.

Selain pandai dalam mengalirkan bola, Ebol juga lama mengemban kapten di Persib Bandung.

Bahkan ketika ia memutuskan hengkang dari Persib Bandung pada tahun 2011 ke Persisam Putra Samarinda, Bobotoh melakukan protes keras hingga menutup beberapa gerai toko milik Ebol.

Dibalik sikap anarkis Bobotoh saat itu, mereka hanya tidak rela jika sang kapten sekaligus pemain gelandang ikonik Maung Bandung pergi dari kota kembang.

Seusai era keemasan Eka Ramdani, Persib Bandung kehilanagan beberapa aset pemain binaan lokal internal di posisi gelandang.

Seperti diketahui, di tahun 2012, era tersebut menjadi milik pemain yang bukan berasal dari binaan Persib Bandung, Firman Utina,

Firman Utina (kiri) pada postingan Instagram @Viking_pajampangan13 pada 23 April 2021 dan Klok-Rashid (kanan) pada postingan Instagram @marcklok pada 2 Juli 2021. Kreator serangan Persib Bandung pengganti Firman Utina.
Firman Utina (kiri) pada postingan Instagram @Viking_pajampangan13 pada 23 April 2021 dan Klok-Rashid (kanan) pada postingan Instagram @marcklok pada 2 Juli 2021. Kreator serangan Persib Bandung pengganti Firman Utina. (Instagram @Viking_pajampangan13 @marcklok)

Bahkan ia dapa dikatakan menjadi kapten sekaligus gelandang tersukses Maung Bandung karena berhasil mempersembahkan dua gelar bagi Pangeran Biru.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved