Breaking News:

Virus Corona

Puji Indonesia, Menteri Italia Kaget Tingkat Vaksinasi Covid-19 RI Nomor 6 Dunia

Indonesia kembali mendapat pujian dalam menekan laju virus Covid-19 hingga membuat menteri kesehatan Italia kaget.

YouTube Sekretariat Kabinet RI
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan soal program vaksinasi mandiri Covid-19 seusai rapat terbatas, Senin (12/7/2021). Indonesia mendapat pujian atas kemampuannya menekan laju Covid-19 hingga membuat Menteri Kesehatan Italia kaget. 

TRIBUNWOW.COM – Pujian kepada Indonesia semakin banyak didapatkan terkait dengan upaya negara menekan laju virus Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin dalam acara Peran Kesehatan Respirasi Indonesia secara virtual pada Kamis (9/9/2021).

Pujian untuk Indonesia itu dilontarkan saat pelaksanaan G20 Meeting yang dihadiri Budi Gunadi bersama tokoh kesehatan dunia di Roma, Italia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (26/7/2021). Menkes jawab pertanyaan soal kapan pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (26/7/2021). Menkes jawab pertanyaan soal kapan pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir. (YouTube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Indonesia dan Australia Perkuat Kerja Sama Pertahanan, Mungkinkan Pelatihan Militer Bersama

Baca juga: Myanmar Didesak Beberapa Negara Hentikan Kekerasan, Mulai dari Indonesia hingga Inggris

Budi Gunadi menceritakan dalam pertemuan itu, dia menyampaikan capaian vaksinasi di Indonesia sudah melewati 100 juta dosis.

Diketahui, Indonesia telah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap 108 juta penduduknya.

Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia setelah China, India, Amerika, Brasil dan Jepang.

"Jadi yang kaget pertama kali adalah menteri kesehatan Italia karena dia kan penduduknya 57 juta, jadi kita sudah menyuntik ke lebih banyak orang dibandingkan Italia, even kita sudah menyusul Jerman dari sisi jumlah orang yang kita kan suntikan," kata Budi Gunadi.

"Sehingga mereka bilang oh bisa juga Indonesia, punya pabrik vaksin apa enggak? Kita nggak punya pabrik vaksin tapi kita lobi semua produsen untuk dapat sebanyak-banyaknya vaksin," tambahnya.

Ekspresi keheranan juga sempat diungkapkan Malaysia sebelumnya.

Pemimpin Partai Aksi Demokratik (DAP) Lim Kit Siang sempat bertanya kepada Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin terkait jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang bisa turun lebih cepat dibandingkan di negaranya, dilansir dari Malaymail pada Jumat (3/9/2021).

“Bisakah menteri kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru Covid-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia, bahkan kurang dari setengahnya seperti kemarin 8.955 kasus menjadi 20.988 kasus Malaysia?” ungkap Lim.

Anggota parlemen Iskandar Puteri juga membandingkan keberhasilan Indonesia dalam mengurangi jumlah kasus hariannya.

Dia mengatakan meskipun populasi Indonesia lebih besar, tetapi telah berhasil mengurangi tingkat infeksi Covid-19 jauh lebih cepat daripada Malaysia.

Dilansir dari Reuters, Indonesia mengalami penurunan jumlah kasus positif virus Covid-19 harian terbanyak pada minggu ini.

Baca juga: Vietnam Kembangkan Vipdervir Obat Herbal untuk Pasien Covid-19, Bahan Utamanya Banyak di Indonesia

Baca juga: Meski Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Sudah Turun, Satgas Ingatkan Warga Tetap Taati Prokes

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved