Breaking News:

Vaksin Covid

AS Kirim Lagi 3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia, Hari Ini Inggris Kirimkan AstraZeneca

Indonesia kembali menerima 3,5 juta dosis Vaksin Moderna dari Amerika Serikat melalui COVAX Facility.

Penulis: Rilo Pambudi
Editor: Rekarinta Vintoko
YouTube Sekretariat Presiden
Tangkapan layar kedatangan 3,5 juta dosis Vaksin Covid-19 Moderna yang tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/8/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Sebanyak 3,5 juta dosis Vaksin Covid-19 Moderna tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/8/2021).

Vaksin Moderna tersebut diterima Indonesia dengan skema dose-sharing dari Pemerintah Amerika Serikat melalui COVAX Facility.

Dilansir TribunWow.com, Indonesia sebelumnya diketahui telah menerima 4,5 juta dosis vaksin Moderna dari pemerintah Amerika Serikat.

Sebanyak 17 tenaga medis yang terdiri dari 5 tenaga medis dari Puskemas Gambir dan 12 tenaga medis dari Dinas Kesehatan menerima vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Gambir, Cideng, Jakarta Pusat  , Kamis (14/1/2021).  Mereka yang dapat divaksin Covid-19 adalah kelompok umur 18-59 tahun. Dan Yang tak boleh disuntuk Vaksin Covid-19 mereka yang masih berusia dibawah 18 tahun, Ibu hamil dan menyusui, mengalami gejala ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir, pernah terpapar dan dalam pasien Covid-19 yang dalam perawatan. Wartakota/Henry
Sebanyak 17 tenaga medis yang terdiri dari 5 tenaga medis dari Puskemas Gambir dan 12 tenaga medis dari Dinas Kesehatan menerima vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Gambir, Cideng, Jakarta Pusat , Kamis (14/1/2021). Mereka yang dapat divaksin Covid-19 adalah kelompok umur 18-59 tahun. Dan Yang tak boleh disuntuk Vaksin Covid-19 mereka yang masih berusia dibawah 18 tahun, Ibu hamil dan menyusui, mengalami gejala ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir, pernah terpapar dan dalam pasien Covid-19 yang dalam perawatan. Wartakota/Henry (WARTAKOTA/Henry Lopulalan)

Baca juga: Efektivitas Sinovac Turun setelah 6 Bulan, Vaksinasi Dosis Ke-3 sebagai Booster Disebut Belum Perlu

Vaksin bantuan AS tersebut sebelumnya telah didatangkan dua tahap.

"Ini adalah ketibaan Vaksin Moderna dari AS tahap ke tiga," ujar ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangan pers virtual di YouTube Sekretariat Persiden.

Tahap pertama, AS telah mengirimkan sebanyak 3,06 juta dosis vaksin.

Sementara di tahap kedua, Vaksin Moderna yang datang sebanyak 1,5 juta dosis.

"Dengan kedatangan hari ini, maka jumlah vaksin Moderna dukungan kerja sama Amerika Serikat melalui COVAX facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin jadi," kata Retno.

Selain dari AS, Menlu menambahkan bahwa Indonesia juga akan menerima dukungan vaksin dari Pemerintah Inggris.

Jenis yang disumbangkan adalah Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Universitas Oxford, AstraZeneca.

"Besok, pada tanggal 2 Agustus 2021, sekitar pukul 15.40 Indonesia juga akan menerima 620 ribu vaksin AstraZeneca dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari pemerintah Inggris," imbuhnya.

Baca juga: Ibu Hamil Segera Divaksin Covid-19, Menkes Budi Sadikin Ungkap Kategori yang Dikecualikan

Baca juga: Tunda Dosis Kedua Vaksinasi Covid-19 Bisa Pengaruhi Efektivitas Vaksinya? Berikut Penjelasannya

Pemerinta Inggris juga akan mengirimkan batuan lagi dengan jumlah yang belum diketahui banyaknya.

Rangkaian kedatangan vaksin ini merupakan hasil dari diplomasi intensif dan kerja keras pemerintah Indonesia untuk mengamankan vaksin guna memenuhi target vaksinasi nasional.

Menlu Retno lantas menyampaikan apresiasi Pemerintah RI atas dukungan yang telah diberikan oleh kedua negara sahabat tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved