Breaking News:

Isu Kudeta Partai Demokrat

Demokrat Kubu KLB Beberkan Video Pernyataan SBY Ngaku Bukan Pendiri Partai: Rekamannya Utuh, Jelas

Pihak Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) membongkar video Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di tahun 2013 lalu.

Editor: Lailatun Niqmah
Youtube/KompasTV
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan konferensi terkait digelarnya KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Pihak Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) membongkar video Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di tahun 2013 lalu.

Video tersebut, diklaim menjadi penegas jika Susilo Bambang Yudhoyono bukanlah pendiri Partai Demokrat.

“Ini pernyataan Pak SBY sendiri yang menyatakan dia bukan pendiri, dia hanya pendorong, ini tahun 2003 loh ini,” kata Tri Yulianto saat bicara soal keabsahan KLB yang menunjuk Moeldoko jadi Ketua Umum Partai Demokrat, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Moeldoko Awalnya Ngaku Cuma Ngopi, Andi Mallarangeng soal Pemecatan Kader Demokrat: Pengkhianat

Berdasarkan video yang diputar dan diperdengarkan, berikut pernyataan SBY.

“Saya ingin menyampaikan hal-hal yang menurut saya sangat mendasar untuk kita pahami dan kemudian kita jalankan secara bersama,” kata SBY.

“Pertama adalah bagaimana proses Partai Demokrat ini lahir, meskipun setelah berdiri secara formal, saya tidak berada di dalamnya, tetapi sejarah mencatat, ALLAH SWT mencatat, bahwa saya memang yang mendorong lahirnya Partai Demokrat kita cintai ini,” lanjut SBY.

Seusai video diputar, Kepala Badan Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat versi KLB Razman Nasution mengatakan saat ini tidak bisa lagi dibantah jika SBY bukan pendiri Partai Demokrat.

“Sekarang tidak perlu lagi orang-orang membantah, tapi jelas bahwa Pak SBY sendiri yang sudah menjelaskan kepada publik sore hari ini, rekamannya masih utuh, dan jelas bahwa SBY bukan pendiri Partai Demokrat, beliau hanya mendorong, dan pasti banyak orang juga yang terlibat mendorong berdirinya partai politik,” ujar Razman.

Baca juga: Ngaku akan Objektif soal Kisruh Demokrat, Yasonna Laoly Tegur SBY dan AHY: Jangan Main Serang-serang

Razman menambahkan, KLB Partai Demokrat yang dilakukan 5 Maret 2021 di Sibolangit didasari adanya keinginan yang besar dari pemilik suara Partai Demokrat dan dari Pendiri Partai Demokrat.

“Dan menjadi wujud apa yang mereka sebut reformasi Partai Demokrat, maka munculah apa yang disebut Kongres Luar Biasa, ini perspektif politiknya,” kata Razman.

Razman mengatakan, pihaknya yakin KLB yang digelar kubunya sah. Atas keyakinannya, Razman menyatakan siap jika KLB diuji di Kemenkumham dan PTUN jika pihak Agus Harimurti Yudhoyono melakukan gugatan.

“AD/ART dari Partai Demokrat yang dikeluarkan pada 2020, berdasarkan kongres 2020 yang menetapkan Agus Harimurti Yudhoyono melanggar ketentuan partai politik nomor 2 tahun 2011 pasal 5, pasal 23, dan pasal 32,” kata Razman.

Kata Demokrat soal Kontribusi SBY

Selama polemik isu kudeta Partai Demokrat bergulir, muncul tudingan dari eks kader Demokrat bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukanlah pendiri partai dan tidak berkontribusi banyak.

Menjawab tudingan itu, pihak Demokrat memberikan bukti kontribusi SBY terhadap partai berlambang mercy tersebut.

Testimoni itu diberikan oleh satu pendiri Partai Demokrat, yakni Ifan Pioh.

Akun medsos resmi Partai Demokrat kembali memberikan bukti bahwa SBY adalah pendiri partai, Jumat (5/3/2021).
Akun medsos resmi Partai Demokrat kembali memberikan bukti bahwa SBY adalah pendiri partai, Jumat (5/3/2021). (Instagram/@pdemokrat)

Baca juga: Qodari Sebut Aturan Kuasa Tertinggi di Demokrat Cuma Akal-akalan, SBY dan AHY Tak Punya Suara?

Hal itu disampakan lewat akun resmi media sosial Instagram Demokrat, @pdemokrat, Jumat (5/3/2021).

Pada unggahan itu, dijelaskan bahwa nama Demokrat berasal dari ide SBY.

Bahkan, nama itu diucapkan secara langsung oleh SBY pada tahun 2001 silam.

Ifan Pioh mengatakan, nama Demokrat adalah hasil diskusi antara dirinya dengan SBY.

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved