Breaking News:

Kabar Tokoh

Aprilia Manganang Banjir Prestasi saat Jadi Atlet Voli Putri, Menpora: Tidak Bisa Disalahkan

Menpora menegaskan prestasi Aprilia Manganang sebagai atlet voli putri tidak perlu dipermasalahkan meskipun Manganang kini berstatus pria tulen.

KOMPAS.COM/ANDREAS LUKAS ALTOBELLI
Atlet voli putri nasional, Aprilia Manganang (depan), berpose saat sesi latihan di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017). Terbaru, Aprilia Manganang kini ditetapkan sebagai laki-laki setelah diketahui bahwa yang bersangkutan ternyata mengidap kelainan Hipospadia. 

TRIBUNWOW.COM - Kabar mengejutkan diumumkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa soal status prajuritnya, Aprilia Manganang yang kini ditetapkan sebagai laki-laki.

Sebelum menjadi tentara, Manganang dikenal atas prestasinya dalam cabang olahraga voli yang meraih segudang prestasi.

Terkait prestasi Manganang yang kala itu dianggap sebagai atlet voli putri, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan hal tersebut bukanlah kesalahan dari Manganang.

Perolehan prestasi Aprilia Manganang sebagai atlet voli putri kini menjadi sorotan seusai Aprilia Manganang ditetapkan sebagai laki-laki tulen yang mengidap kelainan Hipospadia.
Perolehan prestasi Aprilia Manganang sebagai atlet voli putri kini menjadi sorotan seusai Aprilia Manganang ditetapkan sebagai laki-laki tulen yang mengidap kelainan Hipospadia. (Instagram/manganang)

Baca juga: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-laki, Sempat Ditetapkan sebagai Perempuan karena Tampilan Fisik

Baca juga: Aprilia Manganang Bersyukur setelah Dipastikan Laki-laki: Selama 28 Tahun, Saya Sudah Menunggu Ini

Dikutip TribunWow.com dari WARTAKOTAlive.com, Zainudin menegaskan bahwa Manganang tidak memiliki niat untuk memalsukan identitasnya sebagai wanita saat menjadi atlet putri dulu.

“Saya kira juga kita harus melihat ini sebagai kejadian yang tidak disengaja ya kan tidak ada yang mau ngaku-ngaku,” ujarnya, Rabu (10/3/2021).

“Setelah ada pemeriksaan secara komprehensif di RSPAD baru dinyatakan jenis kelaminnya Aprilia pria,” lanjut Zainudin.

“Nah apa yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya itu tidak bisa disalahkan dia,” sambungnya.

Zainudin menilai apa yang diraih oleh Manganang saat menjadi atlet voli putri harus diterima terlepas dari statusnya kini sebagai pria tulen.

“Sehingga apa yang dihasilkan pada saat itu sebagai atlet perempuan, ya kita harus terima itu, kecuali dia jelas laki-laki kemudian ngaku-ngaku perempuan kan tidak fair,” jelasnya.

Prestasi yang diterima oleh Manganang di antaranya adalah empat kali meraih gelar juara Proliga pada 2015, 2016, 2017, dan 2019.

Di level timnas putri, prestasi terbaik Aprilia Manganang adalah meraih medali perak SEA Games 2017.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved