Breaking News:

Tips Kesehatan

Mengapa Kelaparan Bisa Menyebabkan Sakit Kepala? Simak Penjelasan dan Gejalanya

Sakit kepala karena lapar terjadi terutama saat Anda melewatkan waktu makan, terutama sarapan, dan tidak makan cukup dalam waktu lama.

Medicalnewstoday.com
Ilustrasi sakit kepala - Sakit kepala karena lapar terjadi terutama saat Anda melewatkan waktu makan, terutama sarapan, dan tidak makan cukup dalam waktu lama. 

TRIBUNWOW.COM - Sakit kepala adalah satu di antara masalah kesehatan yang umum.

Ini dapat disebabkan oleh kondisi mendasar yang serius seperti migrain atau karena penyebab yang sangat sederhana yaitu rasa lapar.

Sakit kepala karena lapar terjadi terutama saat Anda melewatkan waktu makan, terutama sarapan, dan tidak makan cukup dalam waktu lama.

Dikutip TribunWow.com dari Boldsky, menurut sebuah penelitian, kelaparan bertanggung jawab atas 31,03 persen dan melewatkan makan adalah penyebab 29,31 persen sakit kepala pada individu dibandingkan dengan faktor lain.

Seperti emosi yang intens, kelelahan, perubahan cuaca, menstruasi, bepergian, kebisingan, dan jam tidur.

Jenis sakit kepala
Jenis sakit kepala (Youtube)

Penyebab Sakit Kepala Lapar

Faktor-faktor seperti dehidrasi, kekurangan makanan dan kekurangan kafein menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh rendah yang dapat memicu sakit kepala.

Ini terjadi ketika otak merasakan kadar glukosa rendah dan melepaskan hormon tertentu seperti glukagon, kortisol, dan adrenalin untuk pulih dari hipoglikemia atau kadar glukosa rendah.

Baca juga: Makan Rumput Laut Baik untuk Kesehatan, Ini Deretan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Sebagai efek samping dari hormon-hormon ini, sakit kepala terjadi bersamaan dengan rasa lelah, kusam, atau mual.

Selain itu, dehidrasi, kekurangan kafein, dan kekurangan makanan menyebabkan jaringan otak mengencang sehingga mengaktifkan reseptor rasa sakit yang menyebabkan sakit kepala.

Halaman
12
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved