Terkini Internasional

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Minta Rakyatnya Bersihkan Masker dengan Bensin: Saya Tak Bercanda

Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali meminta rakyatnya untuk membersihkan masker wajah dengan bensin dan mengatakan ia 'tidak bercanda'.

Scmp.com
Presiden Filipina Rodrigo Duterte 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali meminta rakyatnya untuk membersihkan masker wajah dengan bensin dan mengatakan ia 'tidak bercanda'.

Pekan lalu ia mengeluarkan saran serupa, tetapi pejabat-pejabat terkait langsung mengoreksi pernyataan itu dengan mengatakan presiden hanya bercanda.

Para pejabat kesehatan juga mengatakan masker kain harus dicuci seperti biasa, dan masker medis harus dibuang setelah dipakai.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (INSTAGRAM)

Akan tetapi, presiden semakin keras dalam pendiriannnya dengan mengatakan "apa yang saya katakan adalah benar... pergilah ke SPBU".

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bensin dapat menyeterilkan masker, justru berbahaya jika berkontak lama dengan bensin, dan menuangkan cairan yang mudah terbakar bisa berisiko menyebabkan kebakaran.

Filipina Perpanjang Lockdown setelah Lebih dari 9 Minggu, Duterte Larang Warga Beraktivitas di Luar

Bagaimana pernyataan lengkap Duterte?

Merujuk pada komentar yang dikeluarkan sebelumnya, Duterte mengatakan: "Mereka (kritikus) mengatakan, 'Duterte gila.' Bodoh! Jika saya gila, Anda seharusnya jadi presiden, bukan saya.

"Apa yang saya katakan adalah benar. Jika pembersih alkohol tidak tersedia, khususnya warga yang tidak mampu, pergilah ke SPBU, dan gunakan bensin untuk membasmi kuman.

"Saya tidak bercanda. Saya tidak bergurau. Anda... Anda berusaha memanipulasi pemikiran saya."

Apa yang dikatakan Duterte pekan lalu?

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: BBC Indonesia
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved