Terkini Internasional

Inggris Berikan Perlindungan pada Warga Hong Kong, China Keluarkan Ancaman Sebut Ada Konsekuensinya

China mengeluarkan pernyataan bernada ancaman terhadap Inggris setelah negara tersebut menyatakan akan memberi perlindungan pada warga Hong Kong

mirror.co.uk
Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming menyatakan bahwa Inggris harus menerima konsekuensi jika bermusuhan dengan China terkait dukungannya terhadap warga Hong Kong. 

TRIBUNWOW.COM - China mengeluarkan pernyataan bernada ancaman terhadap Inggris setelah negara tersebut menyatakan akan memberi perlindungan pada 3 juta warga Hong Kong.

Pihak China mengatakan bahwa Inggris harus menanggung konsekuensi jika ingin menjadikan China sebagai musuh.

Pernyataan tersebut telah menuai kontroversi dan menimbulkan pertanyaan terkait dampak yang dapat terjadi.

Polisi Hong Kong melakukan penangkapan terhadap sejumlah pelaku aksi unjuk rasa yang menolak undang-undang keamanan nasional yang telah disahkan, Rabu (1/7/2020).
Polisi Hong Kong melakukan penangkapan terhadap sejumlah pelaku aksi unjuk rasa yang menolak undang-undang keamanan nasional yang telah disahkan, Rabu (1/7/2020). (Tangkapan Layar bbc.com)

Aktivis Hong Kong Melarikan Diri Ke Luar Negeri, Terancam setelah UU Keamanan Nasional Disahkan

UU Keamanan Nasional Disahkan, Aktivis Politik Hong Kong Mengundurkan Diri, Berikut Bunyi Aturannya

Dilansir mirror.co.uk, Senin (6/7/2020), Duta Besar Tiongkok untuk Inggris menuduh bahwa pemerintah Inggris telah melakukan campur tangan kotor dan manipulasi politik.

Hal ini diungkapkan karena Inggris telah menawarkan kepada sekitar tiga juta warga Hong Kong untuk mendapat hak menetap di Inggris.

Tawaran tersebut diberikan oleh Inggris untuk mendukung warga Hong Kong yang merasa kebebasannya terkekang seusai undang-undang Keamanan Nasional disahkan.

Duta besar tersebut, Liu Xiaoming, membela hukum Keamanan Nasional baru di bekas jajahan Inggris yang disebutnya untuk mencegah, menekan, dan menghukum kolusi dengan negara asing.

Liu memperingatkan dengan dingin dan menyebutkan ada konsekuensi jika Inggris menentang China.

"Kami ingin menjadi teman Anda, kami ingin menjadi partner anda, tetapi jika Anda ingin menjadikan China negara musuh, Anda harus menanggung konsekuensinya," ujar Liu.

Belum jelas apa saja konsekuensi yang akan dapat ditanggung Inggris bila tidak menjaga hubungan baik dengan China.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Primaresti
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved