Virus Corona

Polda Metro Jaya Bongkar Akal-akalan Mudik Lebaran saat Corona: Seolah-olah Bus Tak Ada Penumpangnya

Polda Metro Jaya mengatakan langkah memutar balik para pemudik efektif mengurangi angka pemudik hingga 80 persen jika dibandingkan tahun 2019.

YouTube Kompastv
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam acara SAPA INDONESIA MALAM, Senin (25/5/2020). Sambodo menceritakan beragam modus yang digunakan pemudik agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas di lapangan. 

TRIBUNWOW.COM - Di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19) dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), terbukti masih banyak masyarakat Indonesia yang nekat untuk mudik.

Namun dengan kebijakan memutar balik para pemudik, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan angka pemudik turun hingga 80 persen dibandingkan tahun 2019.

Dari sekian banyak pemudik yang dipaksa untuk putar balik, kepolisian menemukan beragam akal-akalan pemudik agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas.

Petugas gabungan memeriksa truk yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah.
Petugas gabungan memeriksa truk yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Viral Warga di Magetan Tembakkan Meriam Bambu untuk Cegat Pemudik, Pengendara sampai Putar Balik

Dikutip dari YouTube Kompastv, Senin (25/5/2020), awalnya Sambodo mengakui dirinya memang tidak bisa menjamin pemudik yang dipaksa putar balik akan kembali ke tempat asal.

Ia tak memungkiri adanya kemungkinan para pemudik tersebut mencari-cari jalan lain.

"Mereka mungkin bisa cari-cari jalan tikus, kembali ke tol," katanya.

Namun Sambodo menggunakan data pergerakan pemudik dari Jasa Marga yang mencatat dari dua titik yakni Pintu Tol Cikampek ke arah Cirebon dan Jawa Tengah dan Tol Kalihurip ke arah Purwakarta dan Bandung.

Berdasarkan data tersebut, Sambodo mengatakan jumlah pemudik turun sebanyak 80 persen dibandingkan tahun 2019.

"Terjadi penurunan sebanyak 80 persen jumlah volume pada hari lebaran ini dibandingkan dengan H-7 sampai dengan hari H di lebaran tahun 2019," papar Sambodo.

Sambodo menganggap penurunan sebesar 80 persen dapat dikatakan sebagai keberhasilan aparat meredam pemudik.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved