Virus Corona

Jangan Panik, Ini yang Perlu Dilakukan jika Anda Memiliki Gejala Virus Corona Ringan

Para ahli memperingatkan bahwa gejala Covid-19 ringan dapat dengan cepat meningkat menjadi gejala serius, yang mungkin mengancam jiwa.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan swab test Covid-19 di Pasar Bogor, Selasa (12/5/2020). Seorang pedagang dinyatakan positif Corona setelah mengikuti rapid test Covid-19 massal yang digelar Badan intelijen Negara (BIN) di Pasar Bogor kemarin. 

TRIBUNWOW.COM - Para ahli memperingatkan bahwa gejala Covid-19 ringan dapat dengan cepat meningkat menjadi gejala serius, yang mungkin mengancam jiwa.

Dikutip TribunWow.com dari Healthline, sementara mayoritas orang dengan Covid-19 akan memiliki gejala ringan atau tidak, dokter mengatakan bahkan mereka yang memiliki gejala ringan harus waspada terhadap gejala yang memburuk yang bisa menjadi serius.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dilakukan jika Anda memiliki gejala Virus Corona yang ringan?

Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19 (Freepik)

Sakit Perut, Gejala Tak Biasa Pasien Virus Corona Covid-19, Dokter Diimbau Meningkatkan Kecurigaan

Mengobati gejala ringan

Meskipun tidak ada pengobatan yang dapat menghentikan gejala dari ringan menjadi parah, Dr. William Schaffner, seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University di Tennessee, mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang dengan gejala ringan di rumah untuk merasa lebih baik.

“Saya pikir hidrasi yang baik adalah satu-satunya hal terpenting untuk membantu Anda merasa agak lebih baik. Jika Anda demam, minum obat untuk mengurangi demam akan membuat Anda merasa lebih baik,” katanya kepada Healthline.

“Setiap kali seseorang menderita influenza atau infeksi pernapasan, kami meminta mereka untuk menjauhi minuman beralkohol."

"Hati-hati dengan minuman dengan kafein seperti kopi atau teh karena mereka cenderung mengalami dehidrasi,” tambah Schaffner.

“Yang ingin Anda lakukan adalah minum banyak air. Jika Anda sakit, saya akan menyarankan jika Anda belum 6 kaki dari semua orang, silakan lakukan itu segera dan teliti untuk tidak memberikan virus kesempatan untuk menyebar."

Apakah Tidak Bisa Mencium Bau Jadi Gejala Baru Virus Corona? Begini Penjelasan Dokter

Karantina dengan benar

Para ahli berpendapat bahwa bagian dari alasan Virus Corona telah menyebar begitu cepat di seluruh dunia adalah karena mereka yang memiliki gejala ringan belum diisolasi dengan tepat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved