Breaking News:

Virus Corona

Meski Diserukan oleh WHO, Pemakaian Masker Tak Dapat Gantikan Social Distancing untuk Cegah Covid-19

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memang telah mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat berada di luar rumah.

AFP/DALE DE LA REY
ILUSTRASI - Orang-orang yang memakai masker wajah menyeberang jalan di Hong Kong pada 9 Februari 2020, sebagai langkah pencegahan setelah wabah koronavirus yang dimulai di kota Wuhan di Cina. Virus yang sebelumnya tidak dikenal telah menyebabkan alarm karena kemiripannya dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang menewaskan ratusan di seluruh daratan Cina dan Hong Kong pada 2002-2003. 

TRIBUNWOW.COM - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memang telah mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat berada di luar rumah.

Imbauan tersebut diserukan demi melindungi diri dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19)

Namun, pemakaian masker wajah, baik itu masker yang kita beli di toko maupun masker DIY, bukan menjadi alasan untuk mengabaikan jarak sosial ( social distancing).

Kesal Ditegur karena Tak Pakai Masker saat PSBB, Seorang Pria Todongkan Senjata Tajam pada Petugas

"Masker wajah tidak menggantikan jarak sosial," kata Peter Gulick, spesialis penyakit menular dan profesor kedokteran di Michigan State University.

Dia menambahkan, masker darurat dapat berguna saat kita berada di supermarket dan apotek yang notabene merupakan tempat tersulit untuk menerapkan jarak sosial.

Namun, masker ini tidak bisa digunakan sebagai pengganti jarak sosial.

"Fungsi masker bukanlah untuk dipakai sehingga kita bisa lebih dekat dengan orang lain," ujar Gulick.

Masker mencegah kuman menyebar ke orang lain

Pada awal masa pandemi Covid-19, WHO dan Centers for Disease Control and Prevention menyatakan kita tidak perlu memakai masker wajah kecuali dalam kondisi sakit.

Jika kita sakit dan mengenakan masker wajah, maka itu akan mencegah kita menyebarkan kuman atau virus ke orang lain.

Namun sekarang, semua orang harus memakai masker, bahkan jika kita tidak merasa sakit.

Para ahli telah mempelajari, banyak orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala, dan beberapa penelitian mengungkap hingga 50 persen orang dengan virus corona tidak menunjukkan gejala.

Ternyata Masker Kain Hanya Bisa Digunakan Maksimal Empat Jam, Ini Cara Benar Melepaskannya

Kita juga diimbau agar berperilaku layaknya seseorang yang sudah mengidap virus corona. Dengan menutup wajah di depan umum, kita membantu orang lain agar tetap aman dari kuman atau virus yang kita bawa.

Perlindungan dengan memakai masker wajah lebih baik daripada tidak melindungi diri sama sekali. Tetapi itu bukan menjamin kita terbebas dari virus, terutama dengan masker wajah yang kita buat di rumah.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved