Breaking News:

Kabinet Jokowi

Tito Karnavian Mengundurkan Diri dari Kapolri, Jokowi Tunjuk Komjen Ari Dono sebagai Plt Kapolri

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR menerima surat dari Presiden Jokowi terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Penulis: Desi Intan Sari
Editor: Lailatun Niqmah
(KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA)
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam jumpa pers di Lobi Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/1//2018). 

TRIBUNWOW.COM - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Hal tersebut Puan Maharani turut ungkapkan melalui channel YouTube Metrotvnews yang tayang pada Selasa (22/10/2019).

"Baru saja kami ketua DPR dan pimpinan dewan menerima yang pertama surat DPR terkait dengan pemberhentian, Bapak Tito Karnavian," ujar Puan Maharani.

Tito Karnavian Diundang ke Istana Negara oleh Jokowi, Polri Enggan Ungkap Kemungkinan Jadi Menteri

Putri dari Megawati Soekarnoputri itu mengatakan bahwa Tito Karnavian berhenti dari jabatanya lantaran akan ditugaskan untuk memangku jabatana lainya.

"Selaku Kapolri dan anggota Kapolri, yang akan ditugaskan untuk bisa memangku jabatan lain di pemerintahan," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam pemerintahan tidak diperbolehkan memiliki jabatan rangkap agar bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Namun sayangnya Puan Maharani tidak menyebutkan tugas apa yang akan diemban oleh Tito Karnavian.

"Karena memang tidak boleh jabat rangkap dan untuk supaya maksimal dalam menjalani tugas-tugasnya, kemudian Beliau (Jokowi) menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri (Tito Karnavian)," jelas Puan Maharani.

"Tentu saja surat pengunduran diri dari Kapolri yang menyatakan bahwa Beliau meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri," lanjutnya.

Puan Maharani juga menyebutkan bahwa DPR telah melakukan rapat konsultasi pengganti Bamus dengan pimpinan fraksi.

"Surat diterima DPR tadi kemudian, mekanisme Bamus kami lakukan, jadi rapat konsultasi pengganti Bamus dengan pimpinan fraksi untuk menyetujui hal tersebut," ungkapnya.

"Kemudian tentu saja tadi saya sampaikan dalam Rapat Paripurna dan nanti kita akan membalas surat presiden tersebut terkait dengan pemberhentian Kapolri."

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.
Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. (Capture YouTube metrotvnews)

Sosok Jusuf Kalla di Mata Tito Karnavian, Sebut akan Sulit Temukan Orang yang Sama Dedikasinya

Selain itu, Puan Maharani juga mengungkapkan bahwa Jokowi telah menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri menggantikan Tito.

"Presiden sudah disampaikan bahwa yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri atau Ari Dono," katanya.

Sementara itu diketahui bahwa Tito Karnavian hadir di Istana Negara menjelang pengumuman calon menteri kabinet Presiden dan Wapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Senin (21/10/2019).

Berbeda dari tokoh lainnya yang mengenakan kemeja putih, Tito Karnavian menghadap Jokowi mengenakan seragam polisi.

Tito Karnavian menyebut tujuan Jokowi memanggilnya adalah untuk membahas situasi keamanan negeri terkait dengan pelantikan serta pengumuman kabinet menteri.

Dilansir TribunWow.com, hal tersebut diungkapkan Tito Karnavian dalam unggahan kanal YouTube metrotvnews, Senin (21/10/2019).

"Dipanggil Bapak Presiden, tapi saya kira ini mengenai masalah situasi Kamtibmas kemarin pelantikan," ungkap Tito Karnavian.

Tito Karnavian menyebut pengamanan selama pelantikan berjalan dengan lancar berkat kerjasama TNI dan Polri serta pihak lainnya.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved