Kabar Tokoh

Anggota Pengawas Otsus Papua Ungkap Penyebab Kerusuhan, Ceritakan Kronologi Kasus Bendera di Asrama

Anggota Pengawas Otsus Papua menceritakan kronologi pemasangan bendera merah putih di asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

Anggota Pengawas Otsus Papua Ungkap Penyebab Kerusuhan, Ceritakan Kronologi Kasus Bendera di Asrama
YouTube Hotman Paris Show
Anggota Pengawas Otsus Papua Jimmy Damianus Ijie di acara Hotman Paris Show, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Anggota Pengawas Otsus Papua Jimmy Damianus Ijie menjelaskan, mengenai penyebab kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Jimmy Damianus Ijie menceritakan kronologi pemasangan bendera merah putih, di asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

Penjelasan itu disampaikan Jimmy Damianus Ijie saat menjadi bintang tamu pada acara yang tayang di channel YouTube Hotman Paris Show, Kamis (12/9/2019).

Pada acara tersebut, host acara Hotman Paris menanyakan mengenai penyebab dari kerusuhan, yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Kemudian menurut bapak, sampai tiba-tiba dari Surabaya melebar ke Papua. Apa permainan medsos, apa ada orang asing berperan atau bagaimana?," tanya Hotman Paris.

Menanggapi pertanyaan itu, Jimmy Damianus Ijie mengatakan terlalu cepat untuk mengaitkan masalah tersebut dengan pihak asing.

"Saya pikir terlalu jauh juga kalau kita sedikit-sedikit orang asing," ucap Jimmy Damianus Ijie.

Lalu Jimmy Damianus Ijie menjelaskan, tentang permasalahan awal dari kerusuhan tersebut, yaitu mengenai Bendera Merah Putih.

Lenis Kogoya Ceritakan Kronologi Kejadian yang Menyakiti Hati Orang Papua hingga Diminta Angkat Kaki

Dijelaskan oleh Jimmy Damianus Ijie bahwa sebelum hari kemerdekaan, sudah ada aparat setempat yang meminta untuk dipasang bendera di asrama mahasiswa Papua.

"Jadi yang kami dapat informasi dari sana itu begini, waktu itu tanggal 16 malam, 16 Agustus malam itu. Ini sebenarnya datang dari aparat setempat dulu, jadi kepala distrik atau camat di sekitar asrama mahasiswa ini, meminta agar mereka itu mengibarkan Bendera Merah Putih," ucap Jimmy Damianus Ijie.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: AmirulNisa
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved