Pilpres 2019

Singgung Laporan Tindak Kecurangannya Diproses, BPN: Bawaslu Kemarin Sudah Putuskan Hal Agak Nyata

Anggota BPN Prabowo-Sandi, Vasco ruseimy merespons sikap Bawaslu atas laporan pihaknya soal adanya tindakan dugaan kecurangan Pilpres 2019.

Singgung Laporan Tindak Kecurangannya Diproses, BPN: Bawaslu Kemarin Sudah Putuskan Hal Agak Nyata
Tribunnews/Jeprima
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pers terkait perolehan suara di exit poll internal tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). Pada keterangan pers tersebut Prabowo mengklaim dirinya mengungguli pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin. 

TRIBUNWOW.COM - Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Vasco Ruseimy merespons terkait sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas laporan pihaknya soal adanya tindakan dugaan kecurangan Pilpres 2019.

Diketahui bahwa  Bawaslu memutuskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melanggar tata cara dan prosedur input data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Hal itu disampaikan Vasco saat menjadi narasumber acara iNews Sore, Jumat (17/5/2019).

UPDATE Real Count Situng KPU Pilpres 2019, Prabowo Raih 59 Juta Lebih Suara, Data Masuk 88 Persen

Mulanya Vasco mengatakan bahwa pihaknya sudah mengikuti aturan pilpres sesuai dengan jalur konstitusi.

Kemudian, Vasco menyinggung terkait sejumlah laporan dugaan kecurangan pilpres sebelumnya, yang telah dilaporkannya ke Bawaslu tak mendapat respons lebih lanjut oleh Gakkumdu.

"Pada saat ada kecurangan kita laporkan ke Bawaslu, Bawaslu memang mengatakan iya ada kecurangan lalu mengoper ke Gakkumdu, ternyata prosesnya ngambang begitu aja," ujar Vasco.

Bahkan Vasco mengaku bahwa saat melapor, pihaknya telah mengumpulkan bukti-bukti adanya dugaan kecurangan.

"Itu di daerah-daerah, di pusat pun kita selalu begitu, kita bawa data-data kecurangan baik itu Situng, mau penilaian apa semua itu semua ada kita bawa bukti konkritnya," jelas Vasco.

Waspadai Penumpang Gelap pada 22 Mei 2019, Wiranto: Ada Pihak-pihak Tertentu yang Tak Mau Kalah

Setelahnya, ia menilai tindak Bawaslu yang telah membuat keputusan terkait adanya tindak kecurangan pilpres atas pelaporan dari BPN.

Vasco menegaskan bahwa bukti laporan itu memang benar terjadi adanya tindak kecurangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved