Kupas Tuntas Dilan 1991, Berikut Wawancara Pidi Baiq, Kontroversi, hingga Kebangkitan Film Nasional

Mengapa film Dilan 1991 diminati dan dianggap sebagai kebangkitan industri film Indonesia?

Kupas Tuntas Dilan 1991, Berikut Wawancara Pidi Baiq, Kontroversi, hingga Kebangkitan Film Nasional
Kolase (handover)
Film Dilan 1991 vs Novel Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 

TRIBUNWOW.COM - Sejak diputar di bioskop pada Februari lalu, film remaja Dilan 1991 dilaporkan telah menyedot penonton hingga lima juta orang.

Mengapa film ini diminati dan dianggap sebagai kebangkitan industri film Indonesia?

s
Image caption Sampai hari ke-17, lima juta orang dilaporkan telah menonton film hasil adaptasi novel dengan judul sama karya Pidi Baiq - penulis asal kota Bandung. (KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG)

Usianya tidak terbilang muda, sekitar 47 tahun. Tetapi Dina - begitulah sapaan perempuan asal Jakarta ini - rela menonton film remaja Dilan 1990 sebanyak 13 kali. Hah! 13 kali?

"Ceritanya (film Dilan 1990) masih nyambung dengan gaya saat saya SMA," ujar ibu satu anak ini, kemudian tersipu, saat ditanya "alasannya" berulang kali menonton film itu.

Lebih dari 25 tahun silam, yaitu di tahun 1990an, Dina adalah siswa sekolah menengah atas di Jakarta Selatan. Seperti remaja seusianya, Dina saat itu mulai tertarik lawan jenis.

Rupanya, film yang meledak di pasaran ini mengingatkan kisah percintaannya di masa-masa itu. Perempuan kelahiran 1971 ini mengaku "gaya" romansa di film Dilan itu mirip yang dilakoninya sekian tahun silam.

"Kalau naksir cowok atau cewek, gimana rasanya nungguin telepon, atau dikirimin surat," ujarnya, masih tersipu. "Jadi senang aja, masa itu pernah ada, lucu, seru!" Tawanya kemudian berderai.

Dan ketika film sekuelnya, Dilan 1991, mulai diputar di bioskop mulai Februari lalu, Dina pun rela antri untuk mendapatkan tiketnya di awal pemutarannya.

"Memang agak berat (ceritanya), tapi masih nyambung juga sih dengan saya waktu remaja dulu." Sampai awal April ini, Dina mengaku sudah dua kali menonton film Dilan 1991.

Dipuji Ganteng oleh Pengunjung saat Tiba di Pengadilan Negeri Surabaya, Begini Reaksi Ahmad Dhani

Hingga Maret tahun lalu, film Dilan 1990 mampu menyedot lebih dari enam juta penonton selama 45 hari diputar di layar bioskop. Film ini kemudian ditahbiskan sebagai film terlaris di 2018.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: BBC Indonesia
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved