Terkini Internasional

Transaksi Jual Beli Ginjal Sering Dilakukan di Kenya, Tawarkan via FB hingga Ngerinya 'Pasar Gelap'

Tahukah Anda jika ginjal manusia bisa bernilai sekitar 150.000 dolar AS, atau sekitar Rp2 milliar jika dijual di pasar gelap.

Transaksi Jual Beli Ginjal Sering Dilakukan di Kenya, Tawarkan via FB hingga Ngerinya 'Pasar Gelap'
THINKSTOCK
Ilustrasi operasi bedah. 

Menjual ginjal diyakini sebagai cara mudah dan cepat untuk mendapatkan uang tunai, toh, manusia juga masih bisa hidup hanya dengan satu ginjal.

Anggapan itulah yang tampaknya terlintas di benak orang-orang Kenya, mereka rela menjual ginjalnya demi mendapatkan uang dalam nominal fantastis.

Seperti dikutip dari The Standar melalui Sde.co.ke, mungkin itu adalah cara yang mudah, namun ketika berhubungan dengan pasar gelap, Tahukah Anda apa yang akan terjadi?

Pria Asal Turki Ditahan Kepolisian Belanda, Diduga Pelaku Penembakan di Kota Utrecht

Rentan bagi mereka yang sudah berada di meja operasi rumah sakit terselubung, kembali dengan selamat.

Karena mungkin broker tidak hanya mengambil 1 ginjal, bisa jadi dua duanya.

Mungkin juga hati, pangkreas, paru-paru, mata, bahkan hati semuanya bisa saja mereka ambil kapanpun andai ada pelanggan yang siap membayarnya.

Namun, persoalan ekonomi yang sulit dan kesengsaraan, mungkin telah  membuat orang-orang Kenya sudah tidak memiliki rasa takut lagi.

Transaksi dan jual beli ginjal, tampaknya adalah sesuatu hal yang biasa bagi masyarakat Nairobi, Kenya yang hidup dalam kesengsaraan ekonomi.

Bahkan, orang-orang di sana secara terang-terangan akan memposting ginjalnya di sebuah platform internet Facebook, layaknya jual-beli barang online.

Kemudian, jika ada penawar yang setuju mereka akan mengatur transportasi dan akomodasi ke negara-negara seperti Pakistan atau India di mana organ mereka akan diambil.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Claudia Noventa
Sumber: Intisari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved