Tsunami di Banten dan Lampung

Pasca Tsunami di Lampung Selatan, Jokowi: Tak Ada Hunian Sementara Lagi, Langsung Tahap Rekonstruksi

Presiden Jokowi ingin kedepan tidak ada lagi hunian sementara melainkan hunian permanen untuk korban tsunami di Lampung Selatan.

Pasca Tsunami di Lampung Selatan, Jokowi: Tak Ada Hunian Sementara Lagi, Langsung Tahap Rekonstruksi
Instagram/@jokowi
Presiden Joko Widodo kunjungi Desa Kunjir dan Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa ke depan tak akan ada hunian sementara lagi untuk para pengungsi korban tsunami di Lampung Selatan.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun Instagram pribadinya @jokowi pada Rabu (2/1/2019).

Dilansir TribunWow.com, awalnya Jokowi menceritakan sisa bangunan yang rubuh masih tampak terlihat jelas saat dirinya berkunjung ke Desa Kunjir dan Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 tersebut saat ini telah memerintahkan kepada pemerintah, Bupati Lampung, Gubernur Lampung, Menteri PUPR dan BNPB supaya menangani lokasi yang terkena bencana dengan sebaik-baiknya.

Jokowi menegaskan bahwa lokasi tersebut sudah tidak akan ada lagi hunian sementara untuk pengungsi korban tsunami, melainkan pembangunan rumah harus sudah masuk ke tahap rekonstruksi permanen.

Kunjungi Lokasi Terdampak Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan, Ini yang Dilakukan Jokowi

"Jejak hempasan gelombang tsunami masih terlihat jelas di Desa Kunjir dan Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, yang saya kunjungi hari ini.

Sisa bangunan yang rubuh diterjang air laut pada Sabtu malam 22 Desember lalu menggambarkan sebaran dampak bencana itu di kawasan Lampung Selatan, sebagaimana yang juga tampak di pesisir Banten.

Saya telah memerintahkan kepada jajaran pemerintah, Bupati Lampung Selatan, Gubernur Lampung, Menteri PUPR, dan ke BNPB agar penanganan pascabencana ini dilakukan sebaik-baiknya, setelah proses evakuasi selesai.

Pelantikan Ketua BNPB Ditunda, Fadli Zon: Ngatur Jadwal Presiden Aja Enggak Beres

Di sini tak akan ada hunian sementara lagi.

Kita akan langsung masuk ke tahap rekonstruksi dan pembangunan rumah-rumah di kawasan relokasi kira-kira 400 meter dari lokasi yang rawan tsunami," tulis Jokowi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved