Pesawat Lion Air Jatuh

Menhub: Soal Pembentukan Majelis Profesi Penerbang, Itu 'PR' Kita untuk Melakukan Tindak Lanjut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi angkat bicara soal arah rekomendasi KNKT yang seharusnya bisa ditindaklanjuti oleh Majelis Profesi Penerbang.

Menhub: Soal Pembentukan Majelis Profesi Penerbang, Itu 'PR' Kita untuk Melakukan Tindak Lanjut
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Budi Karya Sumadi 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi angkat bicara soal rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait kecelakaan Lion Air JT 610.

Hal ini disampaikan Budi ketika menjadi narasumber di acara Breaking News, Kompas TV bertajuk 'Ada Apa dengan Lion Air', Rabu (31/10/2018) malam.

Mulanya, pembawa acara Budiman Tanuredjo bertanya mengenai hasil rekomendasi KNKT.

"Banyak orang yang bertanya rekomendasi KNKT, sebetulnya apa? Setelah kasus diselidiki, kemudian apa hasil dari KNKT dan kemana hasil itu?" tanya Budiman.

"Hasil itu biasanya diberikan kepada saya, kemudian saya mendistribusikan itu dan merapatkannya dengan stakeholder," jawab Menhub.

Menhub mengatakan bahwa KNKT akan memberikan rekomendasi yang profesional.

"Tapi banyak orang yang agak skeptis dengan rekomendasi dari KNKT, dan terbukti serial kecelakaan-kecelakaan pesawat itu tidak ada nampak improvement dari sisi pengawasan maupun dari sisi perawatan," ujar Budiman.

Pencarian Lion Air JT 610 Mulai Menemukan Titik Terang

Menanggapi pertanyaan tersebut, Menhub mengatakan bahwa ia belum pernah memiliki pengalaman menangani kecelakaan udara yang besar.

Namun, sejauh ini ia percaya dengan apa yang direkomendasikan oleh KNKT.

"Kalau untuk kecelakaan udara saya belum pernah menangani kecelakan udara yang besar, yang saya alami adalah kereta api, kapal, dll, dan sejauh ini apa yang direkomendasikan KNKT sangat kredibel," jawab Menhub.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved