Breaking News:

Polisi Tembak Polisi

Kaget Lihat Sikap Bharada E saat Bongkar Skenario Ferdy Sambo, Pakar: Punya Semacam Intelektualitas

Guru Besar Kriminolog UI, Adrianus Meliala menyebutkan dua kesimpulan yang bisa dilihat dari sikap Bharada E saat sidang pada Rabu (30/11/2022).

Tangkapan Layar YouTube KOMPASTV
Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Guru Besar Kriminolog UI, Adrianus Meliala menyoroti sikap terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

Dilansir TribunWow.com, Adrianus mengaku terkejut lantaran Bharada E begitu lugas menceritakan skenario dan rencana pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J oleh Ferdy Sambo.

Ia pun menyimpulkan ada sejumlah faktor yang membuat Bharada E bisa begitu yakin dan pasti menuturkan kesaksiannya.

Baca juga: Bantah Istri Ferdy Sambo Ikut Rencanakan Pembunuhan Brigadir J, Lawyer PC: Karangan Bharada E Saja

"Saya memang agak terkejut melihat Bharada E dari sisi lancarnya yang bersangkutan itu bicara," kata Adrianus dikutip kanal YouTube KOMPAS TV, Kamis (1/12/2022).

"Di awal-awal kan yang bersangkutan itu terbata-bata, enggak berani ngomong. Tapi dari beberapa tampilan ini kok seperti mengalir, tektok-nya dengan hakim, dengan JPU itu lancar sekali."

"Bahkan berani meng-counter langsung pertanyaan dari JPU. Itu bagi saya surprise."

Foto kiri: Sosok Eks Kadiv Propam (kini Pati Yanma Polri) Irjen Ferdy Sambo ketika hadir dalam sidang komisi kode etik Polri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Foto kanan: Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E usai dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022).
Foto kiri: Sosok Eks Kadiv Propam (kini Pati Yanma Polri) Irjen Ferdy Sambo ketika hadir dalam sidang komisi kode etik Polri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Foto kanan: Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E usai dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). (Kolase TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN dan YouTube Polri TV Radio)

Baca juga: Pengakuan Kuat Maruf dan Bripka RR Berubah-ubah, Lawyer Bharada E Bocorkan Strategi untuk Gali Fakta

Dari gelagat tersebut, Adrianus menilai bahwa Bharada E mungkin sudah merasa terbebas dari traumanya sehingga bisa menceritakan kronologi kejadian secara gamblang.

"Ada dua cara melihatnya, pertama bahwa memang yang bersangkutan itu sudah keluar dari traumanya," tutur Adrianus.

Selain itu, Bharada E juga diduga berusaha memenuhi perannya sebagai Justice Collaborator alias pelaku yang mengungkap kasus secara maksimal.

Adrianus juga memuji kepiawaian Bharada E dalam berbicara dan memberikan keterangan secara jelas.

"Yang kedua memaksimalisasi peran sebagai penerima JC. Ditambah lagi bahwa memang yang bersangkutan itu pintar bicara," kata Adrianus.

"Saya kira yang bersangkutan punya semacam intelektualitas sehingga mampu mengartikulasikan pemikiran dia secara baik."

Baca juga: Reaksi Bripka RR saat Bharada E Bongkar Niatnya Celakai Brigadir J dalam Perjalanan dari Magelang

Lihat tayangan selengkapnya dari menit ke- 03.09:

Bharada E Diperintah Bunuh Brigadir J

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved