Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Penduduk Rusia Khawatir Ukraina Balas Lakukan Invasi setelah Berhasil Rebut Kembali Wilayahnya

Penduduk Rusia di kota Belgorod khawatir wilayahnya menjadi medan perang atau bahkan ganti dikuasai Ukraina.

AFP
Tiga rudal menghujani Kota Belgorod Rusia dan diduga diluncurkan oleh Ukraina, Senin (4/7/2022). Terbaru, penduduk Rusia di Belgorod khawatir jika perang akan menyasar ke wilayahnya, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Perang menjadi mustahil untuk diabaikan di Belgorod, Rusia selatan, yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Dilansir TribunWow.com, tentara Rusia yang mundur akibat serangan balik Ukraina sekarang berkeliaran di jalanan kota.

Kekhawatiran memuncak di antara penduduk Rusia yang cemas kota mereka akan ganti menjadi medan perang.

Baca juga: Putin Kembali Lolos Upaya Pembunuhan, Mobil Presiden Rusia Meledak saat Memanasnya Konflik Ukraina

Seperti dilaporkan The Guardian, Minggu (18/9/2022), Belgorod kini kembali dipenuhi dengan pengungsi dan suara-suara ledakan perang.

Terlihat tiga tentara Rusia dari Ossetia berkeliaran di jalan-jalan asing melewati Katedral yang megah pada suatu malam.

Sejak Februari, mereka mengaku telah bertempur di Ukraina sebagai bagian dari pasukan invasi.

Mereka ditempatkan di desa Velyki Prokhody, tepat di utara Kharkiv, ketika diperintahkan untuk melarikan diri kembali ke Rusia minggu lalu.

"Apa yang bisa kita katakan? Perintah adalah perintah. Kami tidak punya pilihan," kata tentara yang mengenakan topi berhiaskan huruf Z, yakni simbol taktis yang diadopsi sebagai lambang patriotik dukungan perang di Rusia.

Ketika front Rusia di Kharkiv telah runtuh dan orang-orang Ukraina yang telah memilih pihak Rusia telah melarikan diri ke perbatasan, sebuah pemikiran terlintas di benak penduduk bahwa perang dapat menyeberang ke Rusia.

Ditanya ke mana tujuan mereka selanjutnya, para prajurit mengatakan mereka tidak tahu.

Tapi kemungkinan, mereka akan dikirim kembali ke selatan untuk mempertahankan perbatasan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi kota Izyum yang berhasil direbut kembali dari tangan Rusia, Rabu (14/9/2022).
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi kota Izyum yang berhasil direbut kembali dari tangan Rusia, Rabu (14/9/2022). (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina/AFP)

Baca juga: Zelensky Dikabarkan Alami Kecelakaan setelah Kunjungi Wilayah yang Berhasil Direbut dari Rusia

Di Belgorod, tanda-tanda perang dan ketegangan diperlihatkan, bahkan kebanyakan orang percaya jika konflik itu tidak mungkin mereda.

Oleg, seorang pemilik restoran yang berasal dari Ukraina, mengenakan kemeja bertulisan 'Lahir di Kharkiv', dan telah membeli papan kayu lapis untuk berjaga-jaga jika dia perlu menutupi jendela restorannya.

Rekan bisnisnya, Denis, telah membangun tempat perlindungan bom di halaman belakang rumahnya dan mengevakuasi neneknya dari kota yang dikuasai Rusia di Ukraina timur yang sekarang berada di garis depan konflik.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved