Breaking News:

Idul Adha 2022

9 Syarat Hewan Kurban Idul Adha dari MUI, Perhatikan Ekor dan Telinganya saat Beli Sapi atau Kambing

Perhatikan dengan benar kondisi kambing dan domba yang mau dibeli, hingga cek kesehatan si hewan untuk memastikannya layak jadi hewan kurban Idul Adha

KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO
Sapi limosin di lapak sapi kurban Sumiland Farm, Jagakarsa, Jakarta, Kamis (9/7/2020) sore. Perhatikan dengan benar kondisi kambing dan domba yang mau dibeli, hingga cek kesehatan si hewan untuk memastikannya layak jadi hewan kurban Idul Adha 

TRIBUNWOW.COM - Ada syarat-syarat tertentu yang dipenuhi sebelum memilih hewan kurban Idul Adha 2022.

Oleh karena itu, sebelum membeli kambing dan domba untuk kurban Idul Adha 2022, Anda perlu melihat ciri-ciri fisik si hewan yang mau dipilih.

Perhatikan dengan benar kondisi kambing dan domba yang mau dibeli, hingga cek kesehatan si hewan untuk memastikannya layak jadi hewan kurban Idul Adha 2022.

Berikut ini syarat hewan kurban Idul Adha hingga perbedaan fisik kambing dan domba yang perlu Anda ketahui agar tak salah beli.

Syarat Kurban

Qurban (kurban) berasal dari bahasa Arab, qaruba, yaqrabu, qurban (dekat), yakni mendekatkan diri kepada Allah swt dengan cara menyembelih hewan kurban.

Demikian diartikan al-udh’hiyah (hewan sembelihan), berupa:

- Unta (usia 5 tahun)

- Sapi (2 tahun)

- Kambing (2 tahun) atau kibas

- Domba (1 tahun atau sesudah lepas giginya/6 bulan).

Hewan-hewan tersebut disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari tasyri’ (11, 12, dan 13).

Hukum kurban adalah sunah muakkadah/wajib:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلَّانَا. رواه أحمد

Dari Abu Hurairah berkata: Rasullah saw. bersabda: Barangsiapa yang memiliki keluasan (kesanggupan berqurban) ternyata tidak berkurban maka hendaklah menjauhi tempat salat kami. (HR. Ahmad bin Hanbal)

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved