Breaking News:

Pembelian Pertalite

Belum Semua Daerah, Ini 11 Kota yang Diberlakukan Pembelian Pertalite Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli

Untuk memantau penjualan BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar, PT Pertamina akan memberlakukan pembelian menggunakan MyPertamina.

Tribun Medan/Fatah Baginda Gorby
Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) saat menunjukkan Bahan Bakar Minyak (BBM) , Kamis (5/1/2017). Belum Semua Daerah, Ini 11 Kota yang Diberlakukan Pembelian Pertalite Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 

TRIBUNWOW.COM - Siap-siap, pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar akan dilayani menggunakan aplikasi dari Pertamina yang bernama MyPertamina.

Pemberlakukan itu akan dimulai pada 1 Juli 2022, sehingga pembeli Pertalite dan Solar harus memiliki akun dan terdaftar di MyPertamina.

Hanya saja, pembelian Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina belum akan diberlakukan di seluruh daerah di Indonesia.

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga baru akan menguji coba di 11 daerah atau kota.

Baca juga: Cara Daftar Aplikasi MyPertamina untuk Beli Pertalite, Berlaku 1 Juli 2022 di Bandung hingga Manado

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan, dalam penyaluran BBM Subsidi, ada aturan baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari segmentasi penggunanya.

Namun, yang saat ini masih terjadi, banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar.

Jika tidak diatur, besar potensi kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Sistem di aplikasi MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail.

Lalu, agar lebih memudahkan penggunaan sistem distribusi ini, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

Namun demikian, kewajiban penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian Solar dan Pertalite dilakukan secara bertahap alias tidak serta-merta diterapkan di seluruh Indonesia.

Untuk tahap pertama atau per 1 Juli 2022, penerapan distribusi BBM terbaru ini akan diberlakukan di 11 daerah di lima provinsi.

Baca juga: Cek Daftar Harga BBM Terbaru di Beberapa Wilayah: Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite

Baru setelahnya akan mulai diperluas ke daerah lainnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved