Breaking News:

Penyakit Hepatitis

Cara Mencegah Hepatitis Akut, Kenali Ciri-ciri atau Gejala Penyakitnya pada Anak

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan cara mencegah Hepatitis Akut, satu di antaranya dengan menjaga kebersihan diri.

Editor: Lailatun Niqmah
The Quint
Ilustrasi anak sakit. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan cara mencegah Hepatitis Akut, satu di antaranya dengan menjaga kebersihan diri. 

TRIBUNWOW.COM - Orangtua saat ini perlu mewaspadai penyebaran kasus Hepatitis Akut yang diduga sudah menyebabkan sejumlah anak meninggal dunia.

Di Indonesia, menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), muncul 18 orang diduga terjangkit Hepatitis Akut, dan tujuh di antaranya meninggal dunia.

"7 dari 18 pasien diduga Hepatitis Akut dinyatakan meninggal, namun saat ini masih belum dipastikan apakah meninggal karena penyakit Hipertensi Akut atau ada faktor lainnya," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan sekaligus Direktur Utama RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Perawatan Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Kata Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan cara mencegah Hepatitis Akut, satu di antaranya dengan menjaga kebersihan diri.

"Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita, kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih," ujar Menkes dalam keterangan pers usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (09/05/2022), dikutip dari setkab.go.id.

Pencegahan

Peran orang dewasa dan orang tua penting untuk mencegah penyakit ini menyerang.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada Anak, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll.

Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Untuk mencegah risiko infeksi, Prof Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

Langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat," jelas Peneliti di RSCM dan FK UI ini dalam keterangan pers pada Kamis (5/5/2022).

Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Upaya lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Hepatitis Akut adalah pemahaman orang tua terhadap gejala awal penyakit Hepatitis Akut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved